5 Negara dengan Perayaan Tahun Baru Imlek Paling Megah dan Meriah, Salah Satunya Indonesia!

12 Januari 2022 13:30 WIB
Perayaan Tahun Baru Imlek (Cap Go Meh) di Bogor
Perayaan Tahun Baru Imlek (Cap Go Meh) di Bogor ( Kompas/Maulana Mahadhika)

Sonora.ID – Tahun baru China atau Imlek 2022 sebentar lagi tiba, biasanya Imlek ini identik dengan perayaannya dan dekorasi-dekorasi serba berwarna merah dan emas.

Di berbagai negara yang turut merayakan Tahun Baru Imlek biasanya akan memeriahkannya dengan berbagai perayaan dan dekorasi yang mewah.

Salah satunya adalah di Indonesia, sebut saja di Kota Singkawang, yang setiap tahunnya akan merayakan Tahun Baru Imlek dengan megah dan meriah.

Berikut ini adalah beberapa negara dengan perayaan Tahun Baru Imlek yang terkenal paling meriah dan megah seperti yang dilansir dari berbagai sumber:

Baca Juga: Tahun Baru Imlek 2022, Ini Serba-Serbi Imlek yang Membawa Keberuntungan dan Pantang Dilakukan

1. China

Perayaan Tahun Baru Imlek di China

Perayaan Imlek di China ini lebih tentang keluarga, mereka di sana akan menghabiskan banyak waktu bersama keluarga, berdoa bersama kepada leluhurnya.

Di Beijing, biasanya ada upacara tradisional dan suci khas era dinasti Qing, di mana orang-orang berdoa dan memohon untuk kemakmuran dan kedamaian.

Sementara di negara tetangganya, Hongkong, akan ada banyak pertunjukan yang dilakukan di antara gedung-gedung bertingkat, dan parade khas Imlek dengan berbagai pertunjukan tarian, seni bela diri, juga penampilan artis dan beragam makanan di kedai pinggir jalan.

2. Singapura

River Hangbao di Singapura

Di Singapura, biasanya orang-orang merayakan Imlek di Chinatown, biasanya ada acara Chinatown Street Light Up yang menampilkan berbagai hiburan seperti barongsai, atraksi, tarianm dan lain-lain.

Selain di Chinatown, biasanya area F1 Singapura juga disulap menjadi tempat festival parade dengan kostum berbagai etnis.

Yang paling ditunggu-tunggu biasanya River Hangbao yang digelar di Marina Bay, dipenuhi lentera besar, pertunjukan tokoh legenda Tiongkok, dan pesta kembang api yang meriah.

3. Australia

Dragon Boat Race di Sydney

Perayaan Imlek di Sydney kini menjadi salah satu perayaan Imlek paling meriah di dunia. Saat Imlek, Sydney menjadi kota yang penuh dengan warna dan lampu lampion, pertunjukan seni jalanan, dan berbagai pedagang makanan.

Pusat perayaannya tentu saja berada di Chinatown yang akan dimeriahkan dengan acara dragon boat race atau balapan sampan naga sepanjang 12 meter yang dilengkapi drum di setiap sampan.

Baca Juga: Shio Kuda jadi Shio Paling Beruntung di 2022, Kekayaan dan Karier Naik Pesat! Ini Alasannya!

4. Los Angeles

Pemilihan putri China di LA

Di Los Angeles dan California menjadi kota yang memiliki masyarakat keturunan Tionghoa paling banyak. Di LA biasanya perayaan dimulai dari salah satu kelenteng pada malam tahun baru.

Selain dekorasi serba merah, perayaan Imlek di San Fransisco juga akan diisi dengan acara pemilihan Miss China Town. Acara ini bisa diikuti oleh wanita-wanita keturunan Tionghoa yang tinggal di Amerika Serikat.

5. Indonesia

Perayaan Imlek di Singkawang, Indonesia

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, Indonesia juga memiliki perayaan Imlek yang meriah dan megah. Beberapa kota yang paling heboh merayakannya adalah Singkawang di Kalimantan Barat dan juga Medan.

Perayaan Imlek di Singkawang biasanya akan makin meriah pada 15 hari setelah Imlek, yaitu pada perayaaan Cap Go Meh.

Nuansa Singkawang akan sanga berbeda dengan kota lain karena akan penuh dihiasi lampion dan pernak-pernik khas Imlek. Salah satu pertunjukan yang banyak dibicarakan orang adalah parade Imlek-nya.

Selain barongsai dengan gerakan tarian yang menantang, kita bisa melihat berbagai macam seni bela diri di Singkawang. Termasuk, yang paling terkenal, ketika para peserta parade menyayatkan pedang dan senjata tajam lainnya ke tubuh mereka tanpa ada satu tetes pun darah yang keluar.

Sementara di Medan, sudah pasti adalah pesta kuliner! Makanan khas China akan dijual berjejeran untuk memanjakan perut.

 

 

 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.