Ilustrasi: Sintang Akan Bangun Tempat Produksi Pengolahan Ikan Gabus Penghasil Albumin
Ilustrasi: Sintang Akan Bangun Tempat Produksi Pengolahan Ikan Gabus Penghasil Albumin ( Tribun Pontianak)

Sintang Akan Bangun Tempat Produksi Pengolahan Ikan Gabus Penghasil Albumin

14 Januari 2022 20:10 WIB

Pontianak, Sonora.ID - Kepala Bappeda Kabupaten Sintang, Kartiyus, mengungkapkan PT. Agrapana Damayanti Indobiotek segera akan membangun tempat produksi pengolahan ikan gabus untuk dijadikan albumin.

Pabrik pengolahan albumin rencananya akan dibangun di Kelurahan Akcaya, Kecamatan Sintang, Kalimantan Barat. 

Kartiyus berpendapat, untuk uji coba nanti diperlukan sekitar 1,5 ton ikan gabus. Untuk kedepannya, pabrik dan laboratorium tersebut akan diperuntukkan untuk mengembangkan potensi komoditas berbasis konservasi alam untuk membuat produk turunan bernilai jual dari ikan gabus menjadi albumin. 

Kartiyus mengatakan, produk albumin sangat dibutuhkan bahkan Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang sudah menyatakan memerlukan albumin untuk keperluan pemulihan pasien yang baru saja menjalankan operasi.

Baca Juga: Walikota Solo Gibran Serius Dalam Proyek Pembangunan Rel Layang Simpang Joglo Dalam 3 Tahun

Dia juga mengatakan PT Agrapana Damayanti Indobiotek dalam memproduksi albumin ini akan bekerjasama dengan Lingkar Temu Kabupaten Lestari, Sintang Freshwater Care, dan Jemelak Lestari. 

Sementara itu Bupati Sintang Jarot Winarno, meminta Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang membantu PT Agrapana Damayanti Indobiotek dalam membangun laboratorium dan pabrik albumin di Kabupaten Sintang. 

Kepala Dinas Perikanan Perikanan dan Ketahanan Pangan, Kabupaten Sintang, Veronika Ancili, menyampaikan rencana produksi albumindi Kabupaten Sintang akan segera diwujudkan. 

Ia mengatakan, PT Agrapana Damayanti Indobiotek sudah mengadakan pertemuan dengan pihak Jemelak Lestari, Bappeda, dan Tim Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan. 

Veronika menjelaskan, dalam waktu dekat laboratorium mini akan juga segera dibangun. Pemenuhan bahan baku berupa ikan gabus dan ikan toman akan didatangkan dari Kabupaten Sintang dan kabupaten terdekat. 

Seperti diketahui, Albumin ikan gabus kaya akan gizi dan protein, baik digunakan untuk proses penyembuhan luka ataupun pasca operasi.

Albumin Ikan gabus merupakan protein di plasma darah yang fungsinya menjaga cairan dalam darah tidak bocor ke jaringan lain. Protein ini juga membantu membawa berbagai zat ke seluruh tubuh, seperti hormon, vitamin, dan enzim.

Ikan gabus merupakan spesies ikan air tawar yang sebagian besar bisa ditemukan di kawasan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Baca Juga: Kementerian PUPR dan Pemkot Pontianak Lakukan Program Pembangunan Sanitasi

Video Pilihan

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm