Harga Minyak Goreng Melunjak, Ini 6 Tips Menggoreng Tanpa Minyak

21 Januari 2022 16:20 WIB
Ilustrasi Minyak Goreng
Ilustrasi Minyak Goreng ( )

Sonora.ID - Harga minyak goreng tengah melonjak di beberapa daerah di Indonesia. Namun untuk menyiasati kenaikan minyak goreng kita dapat mencoba memasak dengan sedikit minyak atau bahkan tanpa minyak.

Meskipun makanan yang digoreng dengan minyak memang terasa lezat, terlalu banyak makan makanan yang digoreng tidak baik bagi kesehatan.

Makanan yang digoreng memiliki lemak dan kalori yang lebih tinggi secara signifikan daripada makanan yang tidak digoreng.

Makanan yang digoreng akan dimasak pada suhu sangat tinggi, sehingga makanan tersebut kemungkinan besar tinggi lemak trans.

Lemak trans berkaitan dengan peningkatan risiko banyak penyakit, termasuk penyakit jantung, kanker, diabetes, dan obesitas.

Baca Juga: Disdag Makassar Pantau Kebijakan Satu Harga Minyak Goreng, Ini Hasilnya

Tips Memasak Tanpa Minyak Goreng

  1. Memasak menggunakan Wajan Antilengket

Memasak tanpa minyak goreng akan lebih mudah dilakukan pada panci atau wajan antilengket. Jika tidak menggunakan teflon, bisa menggunakan panci stainless steel berkualitas baik dengan alas tebal. Besi cor berlapis enamel dan panci titanium keramik juga merupakan pilihan yang baik.

  1. Menggunakan Metode Panggang (Roast)

Dengan memanggang, Anda tidak perlu menambahkan minyak goreng untuk melapisi bahan makanan. Metode ini memang membuat makanan perlu waktu sedikit lebih lama untuk dimasak, hingga akhirnya berwarna kecokelatan dan terpanggang dengan baik. Anda perlu membersihkan bahan-bahan makanan lalu membumbuinya dengan rempah-rempah, dan sedikit kaldu sayuran atau campuran ringan (tidak kental) kecap dan air.

  1. Tumis Makanan

Metode tumis tak selalu memerlukan mentega atau minyak goreng. Anda bisa menyiasatinya menggunakan sedikit air atau kaldu, sekitar satu atau dua sendok makan. Kemudian, aduk makanan secara berkala hingga makanan kecokelatan dan mencapai tingkat kematangan yang kita inginkan.

  1. Dengan Metode Kukus

Mengukus adalah cara memasak dasar dan sederhana tanpa menambahkan lemak, dengan tetap mempertahankan nutrisi penting, warna dan rasa dari makanan yang diolah. Ini bisa menjadi alternatif memasak tanpa minyak goreng lainnya. Anda bisa menggunakan panci dengan sedikit air yang dipanaskan di atas api sedang. Didihkan air cukup lama untuk mengukus makanan tergantung pada resep atau tekstur yang diinginkan.

  1. Memanfaatkan Bawang

Sayuran yang dapat berkaramelisasi seperti bawang merah dan bawang putih akan memunculkan rasa manis alami dan secara tradisional hal itu bisa dicapai dengan menambahkan lemak. Metode ini bisa digunakan untuk siasat memasak tanpa minyak goreng. Mulailah dengan memanaskan wajan antilengket, lalu tambahkan sedikit cairan, biarkan menguap sambil membuat bawang terlihat sedikit kecoklatan. Tip untuk mengaramelisasi bawang adalah dengan menambahkan sejumput garam, yang menghilangkan kelembapan bawang, baru kemudian membirkannya menguap untuk memberikan efek karamel yang manis.

  1. Menambah Rasa dengan Saus atau Dressing

Untuk hidangan yang biasanya menggunakan mentega atau krim kental, Anda bisa menggantinya dengan membuat saus atau dressing penambah rasa. Untuk saus, Anda bisa membuat pure kacang, lentil, atau sayuran seperti kembang kol, wortel, atau kentang, bersama dengan kacang atau susu kedelai, miso, dan/atau mentega kacang. Sementara untuk dressing salad, Anda bisa mencampur sedikit cuka dan rempah-rempah dengan jus buah dan sedikit ampas buahnya (untuk rasa manis) atau dengan mentega kacang (untuk rasa gurih).

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.