6 Ragam Kuliner Khas Surabaya Yang Terkenal, Kamu Sudah Coba?

21 Januari 2022 16:30 WIB
Surabaya - Jawa Timur
Surabaya - Jawa Timur ( unsplash.com)

Surabaya, Sonora.ID – Jika kamu mengunjungi Kota Surabaya, ada beberapa kuliner sedap yang harus kamu coba! Berikut ini beberapa daftarnya:

Lontong Balap

Lontong Balap

Kuliner khas Surabaya ini, terbilang sudah sangat melegenda dengan rasanya yang lezat. Nama lontong balap sendiri diberikan karena pada awal munculnya para pedagang berlari berebut pelanggan sehingga terlihat seperti sedang balapan. Lontong Balap Surabaya ini sudah ada sejak tahun 1956 dan berasal dari daerah Kutisari dan Kendangsari dekat Pasar Wonokromo.Resep Lontong Balap pun tidak pernah berubah sejak dulu yakni menggunakan lontong, tauge, lentho, tahu, kecap, bawang goreng, dan sambal. Semua bahan bahan tersebut disiram dengan kuah panas dengan rasa gurih pedas dari bawang atau sambal petis. Keunikan dari Lontong Balap ini adalah jumlah tauge yang banyak serta Lentho atau perkedel singkong tolo yang menjadi isian.

Rawon

Rawon

Rawon menjadi salah satu hidangan paling terkenal yang berasal dari Jawa Timur khususnya daerah Surabaya. Ciri utama dari masakan Surabaya ini adalah kuahnya yang berwarna hitam pekat dari bumbu kluwek yang digunakan. Makanan sejenis sup ini menggunakan daging sapi sebagai bahan dasar hidangan dan terkadang disajikan bersama telur. Bumbu rawon sendiri terdiri dari kluwek, bawang, cabai, ketumbar, kemiri, kunir, serai, laos, dan garam yang dihaluskan lalu ditumis harum. Cara membuat Rawon ini juga sangat mudah setelah bumbu halus ditumis tambahkan kaldu sapi dan dagingnya lalu masak hingga matang. Sebagai pelengkap tambahkan tauge pendek, daun bawang, empal goreng, kerupuk udang serta sambal saat menyajikan rawon.

Rujak Cingur

Rujak Cingur

Keunikan utama dari rujak cingur tentu saja penggunaan cingur sapi atau potongan bibir sapi ke dalam bumbu rujak sebagai pelengkap. Selain cingur, makanan tradisional Surabaya ini juga menggunakan isian seperti kangkung, kacang panjang, tauge, tahu, lontong, tempe, dan bendoyo. Ada pula versi rujak cingur yang menambahkan buah-buahan segar seperti bengkuang, nanas, kedondong, dan mangga muda kedalam rujak. Rujak Cingur Surabaya seringkali disajikan diatas pincuk atau daun pisang dengan tambahan kerupuk udang agar semakin nikmat.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm