7 Makanan yang Harus Dihindari karena Berakibat Buruk Bagi Kesehatan

5 Februari 2022 16:00 WIB
Ilustrasi makanan yang buruk bagi kesehatan
Ilustrasi makanan yang buruk bagi kesehatan ( kompas.com)

 

Sonora.ID - Memilih makanan dalam kehidupan sehari – hari sangatlah penting bagi tubuh kita.

Mengingat sekarang masihlah dalam keadaan pandemi Covid – 19, makanan juga akan sangat berpengaruh untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk memilah makanan mana yang menyehatkan dan mana yang tidak menyehatkan.

Untuk itu mari ketahui makanan apa saja yang dapat menimbulkan dampak buruk bagi tubuh.

Melansir dari Kompas.com simak ulasan berikut ini :

1. Makanan yang digoreng

Makanan yang di goreng rupanya dapat menimbulkan hal yang buruk bagi tubuh kita.

Seorang ahli diet kesehatan mental, Angela L. Lago, mengungkapkan bahwa makanan yang digoreng adalah salah satu makanan yang sangat buruk bagi kesehatan kita.

"Saya tidak pernah melarang orang-orang untuk makan gorengan. Namun, makanan yang digoreng tidak boleh menjadi makanan pokok bagi siapa pun," terangnya.

"Secara umum, gorengan lebih tinggi lemak, garam, dan kalori yang semuanya berbahaya bagi kesehatan jantung dan meningkatkan risiko obesitas," sambung dia.

Makanan yang digoreng ini sangat mudah sekali untuk ditemukan dan sering kali kita temukan di restoran atau tempat makanan fast food yang menggunakan lemak trans. Makanan – makanan yang seperti ini berhubungan erat dengan penyakit jantung, kanker, diabetes, dan obesitas.

"Alternatif yang bagus adalah menggoreng di rumah dengan minyak zaitun atau minyak alpukat, atau menggunakan air fryer untuk mendapatkan efek yang sama tanpa dampak negatif," saran Lago.

Baca Juga: Kenali Sumber Makanan Yang Kaya Akan Vitamin A Dan Juga Manfaat Lainnya Bagi Tubuh

2. Keripik kentang

Keripik kentang adalah jajanan yang cukup di gemari oleh semua kalangan, namun rupanya keripik kentang juga bisa menimbulkan hal yang buruk bagi kesehatan.

Hal ini di katakan oleh Penasihat medis untuk Illuminate Labs, Andrea Paul, MD, menjelaskan mengapa keripik kentang yang sangat digemari orang-orang sangat buruk bagi kesehatan kita.

"Keripik kentang diketahui tidak sehat karena beberapa alasan seperti rendah nutrisi, tinggi lemak, dan tinggi natrium," katanya.

"Jenisnya tentu bervariasi menurut merek, tetapi konsumen yang sadar kesehatan pasti akan menghindari keripik kentang sebagai camilan," lanjut dia.

Jika kita mendambakan makanan yang renyah, Paul merekomendasikan kita untuk memilih camilan kacang dan sayuran seperti keripik kale atau bayam yang dibuat sendiri di rumah.

3. Gula tambahan

Gula tambahan juga adalah hal yang harus di perhatikan ketika kita ingin membeli produk makanan.

Apabila kita melihat ada gula tambahan pada label nutrisi makanan kemasan, maka kita harus menghindari untuk membelinya.

"Gula tambahan pada dasarnya tidak memiliki nilai gizi dan penelitian medis menunjukkan bahwa gula tambahan dapat meningkatkan risiko obesitas, serta penyakit metabolik," jelas Paul.

Paul merekomendasikan agar para konsumen untuk menghilangkan gula tambahan dari makanan kita.

"Saya merekomendasikan agar konsumen menghilangkan gula tambahan sepenuhnya dari makanan mereka," tambahnya.

Sebagai gantinya, kita bisa mengonsumsi gula dari makanan utuh seperti buah - buahan atau pengganti gula yang lebih sehat seperti molase blackstrap yang padat nutrisi dengan indeks glikemik yang lebih rendah.

Baca Juga: 8 Makanan Ini Ternyata Bisa Bikin Umur Lebih Panjang, Kenapa Baru Tahu Sekarang?

4. Lemak terhidrogenasi

Lemak terhindrogenesi ini banyak di temui makanan kemasan dan produk makanan cepat saji, namun rupanya juga sangatlah berbahaya bagi kesehatan.

Paul mengungkapkan bahwa lemak terhidrogenasi telah terbukti dapat meningkatkan angka kematian dalam studi populasi.

"Penting bagi konsumen untuk membaca label bahan pada produk makanan kemasan karena banyak produk populer seperti selai kacang yang mengandung lemak terhidrogenasi," sarannya.

"Selai kacang dengan label bahan sederhana seperti kacang panggang kering dan garam jauh lebih sehat daripada selai kacang dengan lemak terhidrogenasi dan tambahan gula," kata dia.

5. Minyak olahan

Minyak olahan juga rupanya harus dihindari oleh kita karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Dan cobalah untuk mengurangi minyak olahan dari diet kita sebanyak mungkin.

Ahli gizi di Paloma Health, Arika Hoscheit, mengatakan bahwa minyak olahan seperti biji anggur, kedelai, kanola, biji kapas, jagung, dan minyak sayur (nabati) harus dihindari karena umumnya merugikan kesehatan manusia.

Hal ini disebabkan karena minyak nabati dipanaskan hingga suhu yang sangat tinggi selama pemrosesan sehingga mengoksidasi minyak. "Oksidasi menghasilkan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan di seluruh tubuh. Seiring bertambahnya usia, tubuh kita harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk pulih," jelasnya.

Untuk itu penting bagi kita untuk menghindari minyak olahan agar tubuh kita tetap sehat.

Baca Juga: Ternyata Makanan Ini Bisa Memperpanjang Umur Kita, Kenali Dan Apa Saja Manfaatnya

6. Karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan ini biasanya dapat kita temukan dalam makanan seperti roti putih, nasi putih, pasta, kue kering, pizza, dan masih banyak lagi.

Menurut Lago, produk biji-bijian olahan diketahui dapat meningkatkan peradangan di tubuh karena mengandung gula lebih tinggi, dan juga dikaitkan dengan obesitas.

"Kesehatan usus juga dipengaruhi oleh makanan yang kekurangan serat dan sebagian besar terdiri dari produk biji-bijian olahan," tuturnya.

Lago mengambil profil nutrisi dari 100 persen roti gandum utuh sebagai contoh. "Ini kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi lain yang membantu tubuh kita berkembang," terangnya.

"Begitu rotinya jadi empuk, roti tawarnya putih, nilai gizi rotinya turun, seratnya terkelupas, nutrisinya terhapus, dan nilai gizinya sedikit bahkan tidak ada sama sekali," ungkap dia.

Lago juga menambahkan bahwa sekitar 89 persen aktivitas antioksidan dalam biji-bijian hilang selama pemrosesan.

Sementara itu, flavonoid, seng, dan vitamin E juga berkurang hingga 79 persen, lalu serat berkurang 58 persen.

"Ini bisa terjadi pada nasi, pasta, sereal, tepung, dan biji-bijian lainnya yang melalui proses pemurnian," katanya.

7. Daging yang telah diproses

Daging yang telah diproses seperti sosis, bacon, dan lainnya masuk dalam kategori makanan yang tidak sehat bagi tubuh kita secara keseluruhan.

Bahkan daging-daging seperti hot dog, daging deli, bologna kemasan, atau dendeng itu juga harus dihindari sebisa mungkin.

"WHO telah mengklasifikasikan daging yang diproses sebagai karsinogen kelompok 1. Artinya, makanan ini dapat menyebabkan kanker dan mengandung bahan kimia yang tidak ada pada daging segar," imbuh Lago.

Untuk itulah mengapa kita perlu menghindari daging olahan dalam makanan sehari – hari kita agar lebih sehat lagi.

Baca Juga: Selain Bikin Panjang Umur, Ini 3 Manfaat Mie Bagi Kesehatan!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.