Realitas Virtual Inovasi yang Bisa Mengubah Dunia

5 Maret 2022 16:39 WIB
Nebula Kupu-Kupu.
Nebula Kupu-Kupu. ( NASA)

Palembang, Sonora.ID – Sekarang ini sudah menjadi keharusan ketersediaan internet bagi setiap sisi kehidupan manusia. Segala sesuatunya terhubung melalui internet, iot, e-learning semuat terkait dengan internet.

Wawan Nurmansyah, M. Cs Koordinator Lab Hardware & Computer Network, Dosen Informatika Univ. Musi Charitas kepada Sonora (04/03/2022) mengatakan bahwa dunia virtual memberikan gambaran kepada seseorang sebelum dia masuk ke dunia nyata.

Misalkan sebelum orang datang ke kebun binatang dibuat sebuah virtual realitinya, dengan begitu sedikit banyak orang sudah mengetahui objek-objek yang ada disana baik dibuat secara nyata maupun viksi seperti game.

"Teknologi virtual sudah banyak digunakan salah satunya dibidang kedokteran. Belajar organ tubuh dan teknik pembedahan dengan teknologi virtual. Diluar negeri sudah banyak dipakai sementara di Indonesia masih dalam entertainment,” ujarnya.

Dengan virtual reality, orang tidak perlu lagi pergi ke lokasi yang jauh, mereka cukup menggunakan alat khusus seperti google glass untuk berkunjung secara virtual.

Baca Juga: Fenomena Hujan Es di Beberapa Wilayah Indonesia Diperkirakan Sampai April, Begini Penjelasan BMKG!

Virtual reality membantu membuka pikiran kita karena banyak hal yang bisa diketahui. Internet juga bisa mempercepat proses transfer teknologi sehingga dapat mengukur sejauh mana pengetahuan atau kecerdasan kita.

Internet telah merubah dunia karena orang bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan secara mudah.

“Siapa menguasai informasi dan teknologi dia yang akan menang,” tukasnya.

Semua teknologi memiliki plus dan minusnya. Dengan internet seseorang bisa belajar sendiri tanpa guru atau dosen.

Negatifnya orang akan kurang berinteraksi dengan sesama manusia, interaksi lebih banyak dari manusia ke mesin bukan manusia ke manusia.

“Jangan kita termakan dengan teknologi yang sifatnya entertain bukan mengedukasi. Perlu kesadaran semua pihak untuk mengawasi sebab pemanfaatan teknologi virtual bila tidak dapat mengembangkan diri akan menjadi boomerang. Manfaatkan dunia virtual untuk membuka pengetahuan kita sehingga dapat menguasai informasi dan teknologi,” tutupnya.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm