BMKG: Hujan Disertai Angin Kencang di Jabotabek Merupakan Awal Periode Akhir Musim Penghujan dan Peralihan Musim Kemarau

7 Maret 2022 11:50 WIB
Illustrasi BMKG
Illustrasi BMKG ( bmkg.go.id)

Jakarta, Sonora.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan penyebab terjadi angin kencang di wilayahnya Jabodetabek pada 5 Maret lalu.

Katanya, hujan disertai angin kencang di Jabotabek dan sekitarnya pada 5 Maret lalu merupakan hal yang biasa terjadi karena akan memasuki periode akhir musim penghujan dan peralihan musim kemarau.

Baca Juga: Fenomena Hujan Es di Beberapa Wilayah Indonesia Diperkirakan Sampai April, Begini Penjelasan BMKG!

"Hujan lebat disertai angin kencang tersebut dipicu oleh sistem awan konvektif seperti jenis Cumulonimbus yang bergerak dari wilayah Barat Banten ke arah Timur menuju Jabodetabek." kata Kepala Pusat Meteorologi publik BMKG, Fachri Radjab. 
 
Meski demikian, peristiwa Hujan lebat disertai angin kencang tersebut merupakan hal yang biasa terjadi.
 
"Peristiwa tersebut merupakan sesuatu yang biasa terjadi terutama di periode akhir musim penghujan dan peralihan musim kemarau, yaitu di bulan Maret, April hingga Mei." lanjut Fachri. 
 
 
Berdasarkan catatan BMKG, hujan disertai angin kencang kemarin terjadi di beberapa wilayah.
 
"Kecepatan angin jika sudah di atas 25 knot maka dikategorikan sudah sangat kencang. Dan peristiwa kemarin terjadi di beberapa wilayah di antaranya, Bogor, Cirebon/ serta Kertajati. " ujar Fachri. 
 
Koordinator Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin mencatat, hingga April mendatang masyarakat diminta untuk waspada terhadap hujan lebat singkat, angin kencang, puting beliung, dan hujan es.

"Karena hingga April mendatang sebagian besar wilayah indonesia terutama di wilayah selatan ekuator mulai memasuki periode peralihan musim dari penghujan ke kemarau atau dikenal dengan pancaroba," kata Miming. 

Baca Juga: Prakiraan Cuaca BMKG Hari ini, Sebagian Wilayah DKI Jakarta Diguyur Hujan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.