Kejar Target Turunkan Angka Stunting 14 Persen, Sekda Kalbar: Harus Kerja Keroyokan

16 Maret 2022 10:30 WIB
Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson mengungkapkan, penanganan pencegahan stunting jika dilihat dari sektor kesehatan yaitu dimulai dari masa kehamilan hingga 1.000 hari pertama kehidupan.
Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson mengungkapkan, penanganan pencegahan stunting jika dilihat dari sektor kesehatan yaitu dimulai dari masa kehamilan hingga 1.000 hari pertama kehidupan. ( Adpim)

Pontianak, Sonora.ID - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson mengungkapkan permasalahan stunting di Provinsi Kalimantan Barat mengalami penurunan menjadi 29,8 persen dibandingkan tahun 2018 yang berada di angka 33,4 persen

“Angka 29,8 persen masih relatif tinggi, sementara target angka stunting nasional tahun 2024 adalah sebesar 14 persen. Kemarin Wakil Gubernur Kalbar sudah menegaskan target tersebut harus bisa tercapai dan itu kerja yang berat karena harus menurunkan 15 persen dalam 3 tahun," ungkapnya.

Penjelasaan tersebut diungkapkan saat menjadi narasumber Kegiatan Rapat Kerja Daerah Program Bangga Kencana BKKBN di Hotel Mercure Pontianak, Selasa (15/3).

Adapun cara penanganan pencegahan stunting jika dilihat dari sektor kesehatan yaitu dimulai dari masa kehamilan hingga 1.000 hari pertama kehidupan.

Baca Juga: Sekda Kalbar: Semua Sektor Bertanggungjawab dalam Pengentasan Stunting

“Hal utama selanjutnya adalah pemberdayaan perempuan dan keluarga. Artinya, kita harus sepakat untuk terlibat dalam peningkatan pengetahuan pola asuh ibu kepada anak, bagaimana menjaga kehamilan, dan merawat anak dengan baik supaya tetap sehat. Maka dari itu, harus kerja secara keroyokan, baik dari pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, instansi terkait, dan organisasi masyarakat lainnya, seperti PKK, dan lain-lain. Semua harus terlibat,” tegas Harisson.

Hal lain yang juga menjadi perhatian bersama dan sangat penting adalah kesehatan lingkungan, seperti tersedianya air bersih dan jamban keluarga.

Faktor ini akan mempengaruhi resiko terhadap berbagai jenis penyakit infeksi pada balita.

Jika seorang balita sudah terkena infeksi karena faktor lingkungan yang buruk dan kurangnya pasokan air bersih, maka kesehatannya juga akan terhambat. 

Selain beberapa hal di atas, ketahanan pangan juga menjadi faktor penting dalam pencegahan stunting sejak dini.

Pemerintah harus berupaya menyediakan akses pangan yang mudah kepada masyarakat.

Kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat tersebut dihadiri Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Pusat, Eni Gustina, jajaran Forkopimda Provinsi Kalbar, beberapa orang Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalbar.

Hadir pula Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar dan Kabupaten/Kota atau yang mewakili, Pimpinan Organisasi Wanita, Organisasi Masyarakat, Organisasi Keagamaan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat.

Baca Juga: BKKBN Gelar Sosialisasi Program RAN PASTI untuk Turunkan Stunting

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm