Cita Rasa Unik, Brambang Asem Makanan Tradisional Khas Solo

28 Maret 2022 13:15 WIB
Brambang Asem Makanan Tradisional Khas Solo
Brambang Asem Makanan Tradisional Khas Solo ( Tribun News)

Solo, Sonora.ID - Jalan-jalan ke Solo belum lengkap rasanya tanpa mencicipi kulinernya. Selain dikenal sebagai kota budaya, kota Solo juga dikenal dengan kota kuliner tradisionalnya. Salah satunya adalah asam brambang.

Brambang Asem merupakan makanan khas Kota Bengawan yang cita rasanya masih belum terjaga sejak dulu. Beberapa orang mengatakan bahwa brambang asem adalah kuliner yang memiliki kemiripan dengan pecel. Karena bahan dasarnya adalah daun ubi jalar.

Biasanya masyarakat Solo menyebutnya dengan nama jlegor. Padahal Brambang Asem memiliki perbedaan yang cukup jauh dari pecel.

Perbedaan brambang asem dan pecel terletak pada bahannya, selain itu bumbu brambang asem juga unik, bumbu sambal yang tidak hanya terbuat dari campuran cabai, terasi, dan gula jawa. Tapi, ada juga tambahan bawang merah dan asam.

Bisa dikatakan campuran sambal tersebut hingga membuat makanan ini dinamakan brambang asem. Rasa kuah asam brambang tidak sama dengan sambal-sambal lainnya, termasuk pecel. Karena ada kombinasi pedas, manis, asam, dan aroma bawang merah.

Hal lain yang membuat brambang asem unik adalah tempe gembus. Tempe yang dihasilkan dari ampas tahu dimanfaatkan sebagai lauk.

Rasanya manis, seperti kuliner khas Solo yang terkenal dengan cita rasanya yang manis. Bisa dibilang makanan tergolong dalam kategori langka.

Karena brambang asem sudah jarang ditemukan. Namun untuk mencobanya, Anda bisa datang langsung ke Solo. Anda bisa mengunjungi Pasar Gede Solo karena masih ada beberapa pedagang yang menjual kuliner khas Solo ini.

Jika Anda memiliki keinginan untuk membuatnya sendiri di rumah, Anda dapat membaca artikel ini.

Baca Juga: 5 Jenis Ikan yang Cocok Diolah dengan Cara di Pecak Khas Betawi!

Ini dia cara membuat asam jawa brambang

Bahan:

1 ikat kangkung, atau daun ubi jalar

1 papan tempe gembus, potong menjadi 2 bagian

Bahan sambal:

3 bawang merah

3 buah cabe rawit

1 batang asam jawa

1 gula jawa (sesuai selera)

Terasi secukupnya

Garam secukupnya

Cara membuat :

  1. Sambal: Bakar dalam api kecil terasi dan bawang merah. Haluskan cabai, bawang merah, terasi, asem, dan garam. Masukkan gula jawa dan haluskan kembali. Halus dan campur rata, pindahkan ke dalam wadah.
  2. Rebus kangkung dengan air yang sudah diberi sedikit garam. Kalau sudah matang, angkat, dan bilas dengan air dingin.
  3. Panaskan minyak, goreng tempe gembus tanpa diberi bumbu. Kalau sudah matang, angkat.
  4. Penyajian: Ambil sedikit rebusan kangkung dan tempe gembus. Beri saus sambal secukupnya atau sesuai selera.

 Baca Juga: Festival Rebus, Cara Makassar Respon Kelangkaan Minyak Goreng

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm