DLH Penajam Paser Utara Launching Program Kampung Iklim (PROKLIM)

31 Maret 2022 16:00 WIB
Launching Program Gusung Mangrove PPU
Launching Program Gusung Mangrove PPU ( )

Balikpapan, Sonora.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Penajam Paser Utara menggelar kegiatan Launching Program Kampung Iklim (PROKLIM) di Pendopo Ekowisata Mangrove, Kelurahan Kampung Baru PPU, Kamis 31/03/2022.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten PPU, Ir. H. Ahmad Usman M. AP dalam sambutannya mengatakan PROKLIM merupakan program lingkup nasional dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat

"Serta pemangku kepentingan untuk penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan, yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah," ujar Ahmad Usman.

Lanjut Ahmad Usman, sebagaimana yang kita ketahui, dampak-dampak perubahan iklim dapat kita saksikan dan kita rasakan seperti perubahan pola intensitas dan pergeseran parameter utama iklim seperti curah hujan, suhu, kelembaban, angin dan penguapan.

"Perubahan iklim dapat menimbulkan resiko besar bagi kesehatan manusia dan keamanan pangan serta dampak lebih besar yaitu resiko terganggunya pembangunan eekonomi," bebernya.

Tambah Ahmad Usman, adanya fakta dan data seperti kenaikan suhu udara sehingga dirasakan pada saat-saat tertentu suhu udara dirasa lebih panas dari biasanya, curah hujan yang intensitasnya tinggi.

Namun di waktu yang lain terjadil kekeringan air yang ekstrim, termasuk terjadinya longsor, banjir dan kebakaran hutan merupakan dampak-dampak dari perubahan iklim yang telah terjadi.

"Kepada Dinas Lingkungan Hidup Kab.PPU, saya harapkan dapat bekerja sama dengan pihak pelaksana PROKLIM yaitu masyarakat Kelurahan Kampung Baru, dan pihak pendukung yaitu PHKT, melakukan koordinasi dengan instansi di provinsi maupun di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)," harap Ahmad Usman.

Target Pemerintah sampai dengan tahun 2030 adalah terwujudnya lebih dari 10.000 Kampung Iklim di 34 Propinsi yang menyebar ke 504 Kabupaten/Kota, sehingga sedikitnya setiap Kabupaten/Kota memiliki 20 lokasi PROKLIM, dengan berbagai Tingkat Kategori yaitu Pratama, Madya, Utama dan Lestari.

Baca Juga: Revitalisasi 34 Taman di Makassar, DLH Target Rampung di Tahun 2024

Di akhir sambutan ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada pihak Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT), Pos Pol TNI Angkatan Laut atas partisipasinya juga sebagai mitra pendukung, yang menerapkan Konsep pembedayaan masyarakat (Community Based Development), berbasis sumber daya lokal (local Resurce Based) dan berkelanjutan (Sustainable).

"Serta kepada pelaku usaha lainnya, agar kiranya dapat bermitra dan mengembangkan kegiatan PROKLIM di Desa atau Keluarahan lain, sehingga Kabupaten Penajam Paser Utara akan memiliki banyak kampung Iklim dan dapat memenuhi target dari Pemerintah Pusat," tutupnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.