Dinkes Provinsi Gelar Rakor, Jawab Permasalahan Kesehatan di Kalbar

1 April 2022 19:30 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat, Hary Agung Tjahyadi
Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat, Hary Agung Tjahyadi ( Sonora/Indri Rizkita)

Pontianak, Sonora.ID - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat menggelar Rapat Koordinasi Perangkat Daerah Bidang Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat “Mewujudkan Kinerja yang Cepat dan Tepat Melayani”, di Hotel Mercure Pontianak, pada Kamis (31/3).

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat, Hary Agung Tjahyadi menyampaikan, dalam rakor ini ada beberapa isu yang dibahas.

Pertama, masalah dengan pandemi Covid-19 karena ini belum berakhir.

“Ada PR besar dalam hal percepatan vaksinasi makanya kita undang dari kementerian untuk memberikan penilaian dan masukan bagaimana masalah yang muncul di Kabupaten Kota dalam kegiatan vaksinasi ada jalan keluarnya,” kata Hary.

Kedua, isu yang terkait dengan peningkatan pelayanan di fasilitas kesehatan, baik itu di Puskesmas, maupun di Rumah Sakit.

“Dua tahun sejak pandemi Covid-19, akreditasi rumah sakit dihentikan sementara. Sejak Covid-19 mulai menurun, Kementerian Kesehatan sudah mengeluarkan peraturan terkait dengan dikembalikannya lagi untuk melakukan akreditasi faskes pelayanan kesehatan. Ini dimulai 1 April tetapi memang masih diberikan masa transisi sampai Februari 2023 bagi rumah sakit ataupun puskesmas yang melakukan reakreditasi kembali,” ujarnya.

Tujuannya, lanjut Harry, adalah untuk standarisasi mutu layanan karena fasilitas pelayanan kesehatan tidak sembarangan, masing-masing rumah sakit punya standar, tapi ada standarisasi yang ditentukan Kementerian Kesehatan yang harus dipenuhi oleh faskes pelayanan primer maupun faskes pelayanan rujukan.

“Seperti yang Pak Gubernur katakan, mutu layanan itu menjadi hal yang sangat penting. Memberikan kepercayaan kepada masyarakat kita untuk bisa mengakses pelayanan termasuk rumah skaitnya. Bagaimana agar masyarakat mempunyai rasa percaya kepada rumah sakit kalau pelayanannya tidak baik, tidak sesuai standar. Tapi kalau standarnya baik mulai dari SDM-nya, sarana prasarananya, itu punya standarisasi yang ditentukan dan bisa dipenuhi oleh Puskesmas maupun rumah sakit,” jelas Hary.

Isu lainnya adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Untuk peningkatan IPM, menurut Hary perlu mengetahui terlebih dahulu variabel apa yang lemah dalam peningkatan IPM ini sehingga bisa diintervensi dan mendapat solusi untuk peningkatan IPM tersebut.

Baca Juga: Selama Bulan Februari 2022 Hanya ditemukan 133 Kasus, TBC di Wonogiri Menurun

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.