Canggih! Untuk Pertama Kalinya di Indonesia Ada Kampus yang Gelar Wisuda Metaverse

12 April 2022 19:00 WIB
Telkom Univeristy Gelar Wisuda Metaverse Pertama di Indonesia
Telkom Univeristy Gelar Wisuda Metaverse Pertama di Indonesia ( Dok. Telkom University)

Sonora.ID - Seiring berjalannya waktu perkembangan teknologi tak bisa terbendung lagi, berbagai inovasi dari bidang ini terus digalakkan. 

Salah satu inovasi teknologi yang saat ini ramai dibicarakan warganet adalah Metaverse.

Baru-baru ini salah satu kampus ternama di Indonesia menyelenggaran wisuda Metaverse untuk pertama kalinya di Tanah Air.

Ya, kampus yang gelar wisuda Metaverse tersebut adalah Telkjom Univeristy.

Sidang Terbuka Senat Telkom University (Tel-U) dengan agenda wisuda Magister, Sarjana, Sarjana Terapan dan Ahli Madya ini diselenggarakan pada Sabtu (9/4/2022).

Ketua panitia wisuda periode II, Anisah Firli menyebut jika gelaran wisuda dengan platform Metaverse ini merupakan pertama kalinya di Indonesia.

Baca Juga: Begini Kata Pakar Ekonomi Mengenai Konsep Metaverse di Makassar

“Kami menggunakan platform ini sebagai bentuk inovasi Telkom University, sekaligus ingin memberikan pengalaman baru kepada wisudawan Telkom University, di mana Metaverse yang belakangan digaung-gaungkan ingin kami hadirkan untuk wisudawan,” ucapnya seperti dilansir dari laman Telkom University.

Meski dilakukan secara digital, para wisudawan bisa merasakan experience wisuda yang baru dan menyenangkan.

Para wisudawan bisa memilih sendiri karakter avatar yang akan digunakan sesuai dengan fakultas dan karakteristiknya.

Selain itu, dosen Fakultas Ilmu Terapan (FIT) Telkom University yang yang mengembangkan konsep ini, Fat’hah Noor Prawita menjelaskan wisuda konsep Metaverse ini didukung oleh platform Mozilla Hubs yang telah dikustomisasi sedemikian rupa sehingga wisudawan.

“Kami mengambil venue Gedung Damar, salah satu gedung auditorium yang telah ada semenjak STT Telkom berdiri. Gedung Damar dibuat secara virtual mirip aslinya. Tidak hanya itu, wisudawan juga dapat memilih karakter avatarnya masing-masing sesuai fakultas dan karakteristiknya. Dalam hal ini dibantu oleh Rikman Aherliwan Rudawan dosen D4 Teknologi Rekayasa Multimedia FIT dan tim mahasiswanya dalam pembuatan avatar serta visual dari Gedung Damar,” jelasnya.

Sebagai informasi, Ketua Senat Universitas Telkom Dr. Ismail mengukuhkan 1.285 wisudawan dari 32 program studi, di antara 43 program studi pada tujuh fakultas di Telkom University.

Baca Juga: Makassar Buat Konten Metaverse Lorong Wisata, Bangkitkan Ekonomi

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Telkom University Gelar Wisuda Metaverse Pertama di Indonesia"

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.