Komitmen Pemkot Pontianak dan Media Massa Wujudkan Kota Layak Anak

15 April 2022 14:22 WIB
Penandatanganan komitmen bersama untuk mewujudkan Pontianak Kota Layak Anak.
Penandatanganan komitmen bersama untuk mewujudkan Pontianak Kota Layak Anak. ( Sonora.ID/Indri Rizkita)

Pontianak, Sonora.ID - Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Pontianak, Multi Juto Bhatarendro mengatakan, media massa berperan penting dalam menciptakan Kota Pontianak sebagai Kota Layak Anak (KLA).

Hal ini disampaikannya saat kegiatan Pengembangan Komunikasi, Informasi dan Edukasi Pemenuhan Hak Anak di Aula Rohana Muthalib Kantor Bappeda Kota Pontianak, Kamis (14/4).

Dalam kegiatan tersebut, para tamu yang sebagian besar adalah media massa turut menandatangani komitmen bersama untuk mewujudkan KLA.

Multi mengapresiasi peran media massa yang telah berkontribusi dalam rangka pengembangan KLA.

“Saya berharap penandatanganan ini menjadi langkah awal bahwa mudah-mudahan dalam pemberitaan bisa mengakomodir hal-hal yang memang diperlukan dalam pengembangan KLA,” harapnya.

Baca Juga: PLN Kalbar Gelar Motor Listrik City Tour

Setidaknya, ada empat poin yang menjadi komitmen Pemerintah Kota Pontianak bersama media massa.

Poin pertama adalah tidak memberitakan yang berdampak buruk terhadap anak. Kedua, dapat mempublikasikan pemenuhan hak anak yang sudah dilakukan oleh Pemkot Pontianak maupun lembaga-lembaga yang ada.

Kemudian menyediakan akses dan informasi yang layak bagi anak, dan keempat adalah menyediakan sumber daya jurnalistik yang responsif gender dan anak.

“Hal ini diperlukan sebagai upaya pemenuhan dan perlindungan hak anak yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya melalui keterlibatan seluruh sektor pemerintahan, masyarakat, dunia usaha termasuk media massa,” ungkap Multi.

Ia menambahkan, informasi, baik dalam bentuk berita maupun data, harus bersifat up to date atau terkini.

Dengan begitu, akan terlihat di berbagai media massa sejauh mana upaya-upaya terkait program-program pemenuhan hak anak dan perlindungan anak yang dilakukan di Kota Pontianak, sehingga Kota Pontianak bisa mewujudkan kembali sebagai KLA yang levelnya lebih tinggi dari yang sudah diraih.

Saat ini, Kota Pontianak tengah mempersiapkan diri untuk penilaian KLA Tahun 2022. Sebagaimana diketahui, predikat KLA pernah disandang Kota Pontianak dengan meraih penghargaan kategori Pratama sebanyak tiga kali dan kategori Madya tiga kali.

Namun disayangkan pada tahun 2021, predikat Madya yang terakhir disandang Kota Pontianak turun menjadi Pratama.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.