Petani Sebut Mandiri Benih Membawa Berkah untuk Pertanian Sulsel

23 April 2022 09:50 WIB
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memberi sambutan pada acara launching Mandiri Benih di Makassar
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memberi sambutan pada acara launching Mandiri Benih di Makassar ( Dok Pemprov Sulsel)

Makassar, Sonora.ID - Program Mandiri Benih yang diinisiasi Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mendapat respon positif dari para petani. Mereka bahkan menyebut, Mandiri Benih merupakan berkah bagi sektor pertanian.

Seperti diungkapkan Haji Zainuddin, petani asal Kabupaten Pangkep. Menurutnya, Mandiri Benih adalah program luar biasa. Dengan demikian, harapan menjadi petani maju dan mandiri akan terwujud.

"Alhamdulillah ini sungguh luar biasa. Kami tetap optimis dengan adanya bantuan ini benih ini insyaAllah petani akan lebih giat untuk produksi tanamam padi," ujar Haji Zainuddin yang ditemui usai launching Mandiri Benih di Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, Jumat (22/4/22).

Hal senada disampaikan Sainuddin Nuji, selaku Ketua Kelompok Tani Tamayu, Kabupaten Gowa. Ia mewakili petani di Gowa mengucap terima kasih dan bersyukur atas bantuan benih gratis dari Gubernur Sulsel.

“Alhamdulillah dengan adanya bantuan benih gratis dari Pak Gubernur, kami selaku petani sangat bersyukur karena dengan bantuan ini, Insya Allah pendapatan kami bisa meningkat,” pungkasnya.

Baca Juga: Kembalikan Kejayaan Produk Perkebunan, Gubernur Sulsel Salurkan Bibit Kopi dan Kakao Gratis ke Petani

Untuk diketahui, sebanyak 2,6 juta kg atau 2.600 ton benih padi dibagikan secara gratis oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman sebagai rangkaian program Mandiri Benih. Benih tersebut diperuntukkan bagi lahan seluas 100 ribu lebih hektar di 24 Kabupaten/Kota di Sulsel.

"Ini adalah program pertama yang dilakukan di Provinsi Sulawesi Selatan. Sumber kita mengambil F0 (benih pejenis) dari Balai Penelitian Padi di Sukamandi. Yang kemudian kita tangkar sendiri, (varietas benih) sesuai dengan permintaan masyarakat yang membutuhkan," kata Gubernur Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutannya.

Andi Sudirman pun mengklaim, benih yang dihasilkan ini termasuk verietas benih unggul. Sebab, proses penangkaran benih sudah tersandarisasi dan menggunakan teknologi canggih. Tak hanya itu, zat kimia seperti pestisida juga minim digunakan. Ia berharap bantuan benih ini, akan meningkatkan produktivitas petani.

“Karena 50 persen keberhasilan adalah berasal dari benih. kita sudah tangkar di sini, jadi pemilihan benih ini sesuai dengan kebutuhan petani, serta adaptif terhadap kondisi tanah di daerah,” tandas Andi Sudirman.

Baca Juga: Ini Kata Tenaga Ahli Satgas Covid -19 Sumsel Soal Kelonggaran Mudik Lebaran 2022!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm