Forum Group Discussion Digelar, Sinkronisasi Program Diperkuat!

1 Mei 2022 10:00 WIB
Forum Group Discussion Digelar, Sinkronisasi Program Diperkuat!
Forum Group Discussion Digelar, Sinkronisasi Program Diperkuat! ( Prokopim Mempawah)

Pontianak, Sonora.ID - Wakil Bupati Mempawah membuka Forum Group Discussion (FGD) penyusunan revisi Perda RPJMD di Aula Kantor Bappeda Mempawah, Rabu 27 April 2022.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Amy Febrianto mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai ajang diskusi terhadap masukan dan saran dari para perangkat daerah terhadap penyesuaian indikator kerja yang telah disesuaikan dengan kondisi saat ini.

Amy melanjutkan untuk mensinkronisasikan program pembangunan yang berdasarkan kepada RPJMD 2020 - 2024.

Baca Juga: Forum PINISI Sultan Tawarkan Potensi Investasi dan Perdagangan di Sulsel

"Kita harapkan masukan dan saran dari pihak - pihak terkait dalam penyusunan indikator kerja sesuai dengan kondisi saat ini," tegasnya.

Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi dalam kesempatan tersebut mengatakan tahun 2022 adalah tahun ke tiga (3) pelaksanaan RPJMD Kabupaten Mempawah 2020- 2024, dimana hingga tahun 2022 terdapat beberapa capaian kinerja daerah yang belum mencapai target yang ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Mempawah.

Baca Juga: Menilik Manfaat Kepemimpinan Kemendikbudristek pada G20 untuk Indonesia

Muhammad Pagi melanjutkan bahwa pandemi Covid 19 yang mewabah sejak akhir tahun 2019 hingga tahun 2021 membuat capaian beberapa indikator makro Kabupaten Mempawah tidak sesuai target sehingga perlu dilakukan penyesuaian - penyesuain target berdasarkan kondisi saat ini.

Menurutnya, indikator makro harus didukung oleh beberapa program yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat seperti program yang dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi baik itu yang sifatnya pemberdayaan masyarakat di tingkat desa.

"Program pengolahan perikanan tangkap serta program pengelolaan sumber daya ekonomi dan kemandirian pangan agar tetap produktif di tengah pandemi Covid 19," tegasnya.

Ia juga mengatakan bahwa program peningkatan pelayanan dasar bagi masyarakat yangtelah dicapai selama tiga tahun meliputi peningkatan sarana prasarana jalan ataupun penyediaan sarana peningkatan air bersih.

Muhammad Pagi mengatakan bahwa penyediaan air bersih masih menjadi permasalahan tersendiri mengingat proyek strategis nasional berada di Kabupaten Mempawah, sehingga penyediaan air bersih harus disediakan demi mendukung pelaksanaan operasional pelabuhan Terminal kijing 

"Revisi RPJMD harus memperhatikan pencapaian SPM, dimana program - program tersebut harus dilaksanakan oleh perangkat daerah pengampu SPM. Saya minta kepada perangkat daerah untuk dapat segera menyesuaikan rencana strategisnya yang tertuang dalam renstra perangkat daerah.

Karena target pembangunan kepala daerah tertuang dalam indikator kinerja utama harus dilaksanakan oleh perangkat daerah," terangnya.

Muhammad Pagi menegaskan bahwa hal tersebut menjadi tugas berat bersama mengingat alokasi anggaran perangkat daerah sangat mempengaruhi pencapaian target kinerja perangkat daerah.

"Saya meyakini bahwa kepala perangkat daerah bekerja secara optimal dalam mencapai target - target yang telah ditetapkan dalam dokumen renstra yang merupakan penjabaran RPJMD Kabupaten Mempawah," pungkasnya.

Baca Juga: Balitbangda Gelar Forum Inovasi Daerah, Dukung Makassar Jadi Kota Metaverse

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.