Wajib Tahu! Begini Cara Tepat Menghindari Sambaran Petir Dimanapun

12 Mei 2022 20:45 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem.
Ilustrasi cuaca ekstrem. ( Freepik)

Sonora.ID - Indonesia sebagai negara yang hanya memiliki dua musim, dimana setelah musim kemarau berganti menjadi musim penghujan.

Saat musim penghujan tiba tentu sering terjadi hujan yang lebat, bahkan bukan hanya hujan lebat dengan intensitas curah hujan tinggi teteapi kadang juga diiringi dengan angin yang kencang.

Bahkan juga diiringi dengan petir karena memang petir biasanya mengiringi hujan dengan intensitas tinggi, tetapi petir yang ada ini merupakan sesuatu yang berbahaya bila mengenai sesuatu bahkan pohon besar saja bisa tumbang saat terkena sambaran petir tersebut.

Bayangkan saja apalagi bila manusia yang terkena bisa berakibat fatal, karena akibatnya yang fatal bila mengenai manusia maka ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menghindari sambaran petir terlebih ketika saat hujan petir kita sedang melakukan kegiatan-kegiatan di luar ruangan.

Baca Juga: Peluang Terjadinya Cuaca Ekstrim Masih Ada

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menghindari sambaran petir, yaitu:

Jauhi sumber air karena petir bisa merambat melalui saluran air maka jauhi dari sumber air saat ada petir baik kita di dalam rumah maupun saat berkegiatan di luar rumah jadi hindari seperti mandi atau mencuci benda atau pakaian saat terjadi petir, hindari penggunaan alat elektronik seperti pemakaian televisi, handphone, dan juga hindari mengisi daya baterai handphone saat adanya petir tidak hanya hindari pemakaian hal tersebut tetapi juga cabut kabel-kabel yang masih tercolok pada setop kontak karena petir dapat merambat melalui kelistrikan yang ada pada kabel dan juga alat-alat elktronik anda di rumah.

Sementara jika terjadi petir ketika berada di luar ruangan gemuruh petir lakukan penghitungan 30 detik setelah petir terlihat apabila petir kembali muncul sebelum hitungan tadi selesai sebaiknya segera mencari tempat meneduh seperti dalam ruangan atau bangunan yang cukup aman dan tunda beberapa saat kegiatan yang akan dilakukan demi keselamatan hingga petir-petir yang bermunculan tadi mereda atau hilang.

Tempat-tempat yang dihindari untuk berlindung saat petir seperti gedung tinggi, pohon karena sesuatu yang tinggi rawan tersambar petir dan juga hindari tempat-tempat yang banyak benda seperti pagar besi, kawat karena benda tersebut dapat menjadi tempat rambatan arus listrik sama seperti kabel pada alat elektronik.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Hingga Akhir Januari, Warga Kalsel Diminta Waspada

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm