Pencurian Material Prasarana Membahayakan Keselamatan Perjalanan Kereta Api

13 Mei 2022 09:05 WIB
Pencurian material prasarana kereta api masih marak terjadi
Pencurian material prasarana kereta api masih marak terjadi ( Releas KAI Divre I Sumut)

Medan, Sonora.ID - Masih maraknya aksi pencurian material prasarana dan sarana kereta api, khususnya di wilayah operasional PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara (Divre I Sumut) membahayakan keselamatan perjalanan kereta api. 

Vice President PT KAI Divre I Sumut, Yuskal Setiawan mengatakan, sepanjang tahun 2022 telah terjadi 33 kali pencurian material prasarana kereta api.

Berkat kerja sama dan koordinasi yang baik unit Pengamanan PT KAI Divre I Sumut dengan Polsek Pematang Siantar, menangkap pencuri material prasarana kereta api.

“Ada 6 orang yang ditangkap, termasuk penadah. Para pelaku ditangkap karena diduga mencuri material prasarana kereta api, yaitu besi rel. Para pelaku sudah diamankan di Polsek Siantar dan dalam pemeriksaan lebih lanjut,” kata Yuskal, Kamis (12/5/2022).

Diterangkan Yuskal, penangkapan terhadap para pencuri dan penadah material prasarana kereta api dilakukan pada Rabu (11/5/2022).

Baca Juga: Kereta Api Jadi Pilihan Favorit Moda Transportasi Mudik Lebaran 2022

Para pelaku ditahan polisi untuk pengembangan kasus, agar memberikan efek jera. Sebab, material prasarana yang dicuri merupakan elemen penting untuk mendukung keselamatan perjalanan kereta api.

"Kerugian material pasti ada.Tetapi kami lebih menyoroti soal bahaya yang lebih besar, karena terkait keselamatan perjalanan kereta api, terkait hajat hidup orang banyak, jadi kerugiannya tidak bisa hanya dinilai dengan uang," terangnya.

Diungkapkan Yuskal, PT KAI Divre I Sumut telah melakukan serangkaian langkah antisipasi agar kejadian serupa tidak terulang. Dengan wilayah operasional yang sangat luas, tidak mudah menjaga objek vital. 

“Dalam menjaga keselamatan perjalanan kereta api, PT KAI Divre I Sumut tidak dapat mengamankan sendiri,” ungkapnya.

Yuskal menyebut, selama ini pengamanan objek vital di wilayah operasional PT KAI Divre I Sumut mendapatkan dukungan penuh dari Kepolisian Daerah (Polda) Sumut melalui Polres-Polres wilayah yang dilalui perjalanan kereta api, serta informasi-informasi dari masyarakat.

“PT KAI Divre I Sumut sangat mengapresiasi dukungan dari Polda Sumut, khususnya Polre-Polres di sepanjang wilayah operasional. Juga mengapresiasi masyarakat, serta mengajak untuk terus menjaga perjalanan kereta api,” tutup Yuskal.

Baca Juga: Kementrian BUMN Lepas Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 dengan Moda Kereta Api

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.