Klaim Asuransi
Klaim Asuransi ( freepik.com)

Sudah Tahu Bagaimana Caranya Klaim Asuransi dengan Baik dan Benar?

17 Mei 2022 15:35 WIB

Sonora.ID - Dalam menjalani hidup, acap kali kita mengalami rasa sakit atau kehilangan sesuatu. Untuk dapat meminimalisasi dampak dan pengendalian risikonya–terutama dalam finansial, kita memerlukan suatu program keuangan jangka panjang yang disebut sebagai asuransi.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan, asuransi merupakan suatu perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang polis (nasabah) yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan untuk

  1. memberikan penggantian kepada tertanggung atau pemegang polis karena kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita oleh tertanggung atau pemegang polis karena terjadi suatu peristiwa yang tidak pasti; atau
  2. memberikan pembayaran yang didasarkan meninggal atau hidupnya tertanggung dengan manfaat yang besarnya telah ditetapkan dan/atau didasarkan pada hasil pengelolaan dana.

Baca Juga: 8 Manfaat Manfaat Umum Asuransi yang Perlu Kamu Ingat dan Catat

Secara singkatnya, menurut KOMPAS.com, asuransi adalah perlindungan finansial untuk jiwa, harta, atau lainnya dengan cara membagi risiko kerugian nasabah dengan perusahaan asuransi. 

Agar dapat merasakan manfaat dari premi asuransi, seseorang harus memahami bagaimana syarat-syarat dan cara mengklaimnya. Untuk itu, Dion Rafael, seorang Insurance Advisor, dalam siniar (podcast) CUAN - Cari Untung Bareng Teman episode “Arti Klaim? Cara Cerdik Klaim Asuransi”, akan mengajak kita memahami apa arti klaim asuransi dan bagaimana kita melakukannya.

Sebelum menjelaskan bagaimana caranya, Dion terlebih dahulu menjelaskan apa itu arti klaim. “Kita menggunakan hak kita sesuai dari manfaat yang kita ambil,” ungkapnya.

Untuk dapat mengambil klaim asuransi, Dion mengatakan bahwa seorang pemegang polis harus memahami syarat dan ketentuan dari istilah ini terlebih dahulu. 

Pemahaman akan syarat dan ketentuan ini nantinya diperlukan agar proses klaim asuransi menjadi lancar dan tak berbelit-belit.

Jika sudah dipahami, langkah selanjutnya adalah proses klaim asuransi. Menurut Dion, hal ini bisa dilakukan pertama kali dengan menghubungi agen asuransi kesayangan. “Biar dia yang bantuin,” ucapnya.

Halaman Berikutnya

Video Pilihan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm