Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan, Penasaran?

17 Mei 2022 20:10 WIB
Ilustrasi daun singkong.
Ilustrasi daun singkong. ( Pixabay)

Sonora.ID - Siapa di antara kamu yang belum tahu kalau terdapat manfaat daun singkong untuk kesehatan?

Selain bisa diolah dengan berbagai cara, jadi penganan kemudian bisa juga diolah menjadi sayur, ternyata ada banyak manfaat daun singkong untuk kesehatan.

Untuk itu, ayo ketahui apa saja manfaat daun singkong untuk kesehatan. Sebagai informasi, daun singkong lebih rendah kalori yang bermanfaat memberikan efek kenyang.

Selain itu, daun singkong juga baik untuk pencernaan dan membantu mengatasi sembelit.

Baca Juga: 7 Manfaat Kedondong Bagi Tubuh Manusia, Bisa Turunkan Berat Badan?

Ada 5 manfaat daun singkong untuk kesehatan yang telah dirangkum dari Grid.ID berikut;

  1. Baik untuk Wanita Hamil

Daun singkong mengandung zat besi tinggi yang membantu ibu hamil menghindari anemia. Selain itu, daun singkong juga memiliki kandungan folat dan vitamin C yang tinggi. Karena rasanya yang hambar, ada baiknya daun singkong dimasak dengan sayuran atau daging dengan cara dicincang.

  1. Membantu Melawan Kwashiorkor

Daun singkong kaya akan protein lisin yang membantu melawan kwashiorkor yang disebabkan karena kekurangan protein. Namun, saat mengonsumsinya, pastikan daun singkong dicuci dan dimasak dengan benar. Sebab, terdapat glikosida sianogenik yang bisa menyebabkan keracunan sianida dan kehilangan penglihatan.

  1. Mengobati Demam dan Sakit Kepala

Manfaat lainnya yakni efektif mengobati demam dan sakit kepala. Cukup tumbuk 3 lembar daun singkong halus untuk bisa membantu meredakan demam dan sakit kepala. Cara lain, rebus akar dan daun dengan menambahkan 80 gram batang daun singkong, 400 gram daun singkong, dan satu liter air. Rebus sampai air berkurang menjadi setengah, kemudian biarkan dingin, setelah itu diminum.

Baca Juga: Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan, Bisa Obati Jerawat dan Flek Hitam

  1. Mengobati Diare

Rebusan daun singkong juga bermanfaat mengobati diare. Caranya, rebus 7 lembar daun singkong dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Disarankan untuk minum air rebusan daun singkong dua kali sehari untuk menyembuhkan diare. 

  1. Mengobati Pandangan Mata yang Kabur

Daun singkong rupanya juba baik untuk kesehatan, terutama mengobati pandangan yang kabur. Caranya, kalian cukup merebus daun singkong dengan bawang putih dan garam. Setelah itu, kalian bisa menikmatinya langsung dengan nasi. Dengan rutin mengonsumsi ramuan daun singkong ini setiap hari dijamin akan membantu mengobati penglihatan kabur.

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm