B20 Sustainability 4.0 Awards Pertama di Indonesia Resmi Digelar

17 Mei 2022 20:30 WIB
B20 Sustainability 4.0 Awards digelar untuk pertama kalinya, dalam rangka meningkatkan pengembangan praktik keberlanjutan di lingkup korporasi di Indonesia.
B20 Sustainability 4.0 Awards digelar untuk pertama kalinya, dalam rangka meningkatkan pengembangan praktik keberlanjutan di lingkup korporasi di Indonesia. ( Dok. KADIN Indonesia)

Sonora.ID - B20 Sustainability 4.0 Awards digelar untuk pertama kalinya, dalam rangka meningkatkan pengembangan praktik keberlanjutan di lingkup korporasi di Indonesia.

Penghargaan ini diharapkan dapat memperkuat kesadaran akan pentingnya sustainabilitas dan dampak besarnya bagi kehidupan dan dunia usaha di masa mendatang. 

B20 Sustainability 4.0 Awards merupakan bagian dari program kerjasama antara Eropa dan Indonesia dalam gelaran side event B20 Indonesia 2022, diprakarsai oleh SwissCham bersama Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, EurochamBritchamEkonid, IBAI, IFCCI dan Universitas Trisakti.

Duta Besar Uni Eropa (EU) untuk Indonesia Vincent Piket menyatakan apresiasi atas inisiasi B20 Sustainability 4.0 Awards.

Baca Juga: Mengatasi Perubahan Iklim, Dirut Pertamina Terus Dorong Aksi Nyata dalam Call Meeting B20

Menurutnya, upaya pemerintah dan korporasi yang beroperasi di Indonesia untuk mengembangkan praktik sustainabilitas dalam aspek bisnis perlu didukung oleh semua pihak.

"Kami merasa terhormat bisa menjadi bagian dalam upaya kolektif untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keberlanjutan untuk masa depan yang lebih baik bagi masyarakat, lingkungan dan ekonomi," kata Vincent dalam acara yang berlangsung, Selasa (17/05/2022).

Vincent juga menilai, pelaksanaan G20 dan B20 dapat menjadi momentum yang baik, untuk menunjukkan inovasi praktik pembangunan berkelanjutan, serta sharing informasi pengembangannya di antara negara-negara G20.

Sementara itu, Duta Besar Swiss untuk Indonesia dan Timor Leste, H. E Kurt Kunz menyampaikan, penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan kelestarian lingkungan dengan mengidentifikasi dan mengenali proyek-proyek keberlanjutan yang berdampak tinggi dari bisnis swasta di Indonesia.

Baca Juga: KADIN Segera Gelar Pertemuan Pendahuluan atau B20 Inception Meeting

“Swiss akan terus bermitra dan mendukung upaya Indonesia dalam mencapai pembangunan ekonomi berkelanjutan yang didukung oleh tenaga kerja terampil Indonesia. Saya mengajak serta semua perusahaan Swiss di Indonesia untuk berkolaborasi dan berbagi pengetahuan dengan rekan-rekan mereka di Indonesia untuk bersama mewujudkan Sustainable Development Goals (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan),” ungkap Duta Besar Swiss untuk Indonesia dan Timor Leste, H. E Kurt Kunz.

Wakil Ketua Umum KADIN Koordinator Bidang Maritim, Investasi dan Hubungan Internasional, Shinta Widjaja Kamdani, yang juga merupakan Ketua Penyelenggara B20 mengatakan jika Sustainability Awards ini bertujuan untuk menghargai upaya dari seluruh sektor swasta, yang sudah mengadopsi lingkungan berkelanjutan, dan juga untuk menginspirasi lebih banyak perusahaan untuk mengadopsi bisnis yang berkelanjutan.

Hal ini sejalan dengan tujuan B20 Indonesia, yaitu mendorong transisi ke net zero untuk dunia yang lebih hijau dan berkelanjutan.

“Sebagai forum komunikasi dan konsultasi antara pelaku usaha Indonesia dengan masyarakat nasional dan internasional, KADIN Indonesia sangat mendorong dunia usaha untuk mmanfaatkan forum B20 untuk mengembangkan solusi yang produktif dan inovatif serta meningkatkan kerjasama baik di tingkat sektoral maupun lintas sektoral, nasional dan internasional, sebagai kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan.” ujar Shinta.

Baca Juga: Gugus Tugas Energi, Sukseskan G20

Pihaknya juga mengapresiasi UMKM yang telah melakukan upaya transformasi positif pada bisnis mereka yang menciptakan dampak mendalam, jangkauan luas, inovatif, dan berkelanjutan.

Usaha Kecil Menengah merupakan kelompok usaha yang memiliki kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia, dengan total kontribusinya terhadap PDB mencapai 61% dengan kemampuan menyerap tenaga kerja sebanyak 97% dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

Menurut Shinta, transformasi UMKM sudah menjangkau pada isu-isu lingkungan dan sosial untuk fokus pada posisi dan strategi perusahaan.

Sebagai informasi, Presidensi B20 Indonesia juga memiliki sebuah program yang dinamakan “Global Center of Carbon Market Excellence” yang bertujuan untuk menyediakan informasi terkini terkait peraturan pasar karbon global sehingga dapat mendukung serta memandu pilihan pasar karbon yang akan digunakan.

Selain itu, Seremonial Pemilihan Pemenang B20 Sustainability 4.0 Awards rencananya akan dilaksanakan pada akhir Oktober 2022, sebagai bagian dari gelaran side event B20 Indonesia 2022 yang diselenggarakan oleh KADIN.

Tiga kategori yang akan difokuskan adalah Women in Sustainability, Improving Access to Clean Water, dan Reduction of Reuse of Plastic. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.