Polrestabes Palembang Bakal Tambah Kamera ETLE di Beberapa Titik

18 Mei 2022 18:25 WIB
Ilustrasi kamera tilang elektronik (ETLE)
Ilustrasi kamera tilang elektronik (ETLE) ( Tribunnews.com)

Palembang, Sonora.ID - Jumlah kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik di Kota Palembang rencananya bakal ditambah oleh Polrestabes Palembang. Setidaknya 5-7 kamera akan disiapkan di beberapa titik di Kota Pempek.

Hal tersebut diungkapkan Kasatlantas Polrestabes Palembang, Kompol Rendy Surya bahwa penambahan kamera ETLE tersebut guna memperketat lalu lintas, mulai dari pelanggaran hingga pencegahan tindak kejahatan.

"Program ini merupakan program prioritas Kapolri yang mana Sumsel menerima baik hal ini, dan di Kota Palembang sendiri bakal ditambah lagi," katanya seusai audensi dengan Walikota Palembang, Rabu (18/05).

Adapun 5-7 kamera ETLE tersebut akan dipasang di sejumlah titik, mulai dari Jalan Soekarno Hatta sebanyak dua unit, satu unit masing-masing di kawasan Simpang Macan Lindungan, Jalan Demang Lebar Daun, dan Kawasan Nila Kandi. Sedangkan untuk sisanya akan menyesuaikan tergantung lokasi yang perlu dipasang kamera tersebut.

Kemudian, program ETLE di Palembang saat ini telah bekerjasama dengan PUSINAFIS, sehingga tidak hanya kendaraan saja yang terdeteksi, melainkan wajah pengendara juga biaa terdeteksi dan diketahui data lengkapnya.

Baca Juga: Walikota Palembang Minta Masyarakat Tetap Budayakan Pakai Masker

"Hal ini tentu membantu kita dalam proses pencarian, pengejaran, ataupun pencegahan tindak kejahatan seperti begal ataupun curanmor," terangnya.

Rendy menjelaskan, bagi masyarakat yang kedapatan melakukan pelanggaran dan terekam pada kamera ETLE, seara otomatis akan dikonfirmas melalui surat yang dikirim oleh Kantor Pos.

Oleh sebab itu, Rendy mengimbau agar masyarakat segera melengkapi alat kelengkapan berkendara serta patuh dalam berlalu lintas. "Karena ini tindak tegasnya dilakukan secara sistem, tentu tidak bisa main-main lagi," pungkasnya.

Sambutan baik pun disampaikan Walikota Palembang, Harnojoyo merespon langkah yang dilakukan Polrestabes Palembang tersebut. Menurutnya, hal tersebut dapat meningkatkan kawasan tertib lalu lintas di Kota Pempek.

Baca Juga: DInas Perdagangan: Stok Minyak Goreng di Palembang Dipastikan Aman

"Bagus sekali, kami sambut baik, dan kita harapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk patuh dalam berlalu lintas," ungkapnya.

Ia menambahkan, setidaknya ada 13 kamera ETLE yang telah beroperasi yang tersebar di sejumlah titik di Kota Palembang.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm