Tanggapan Ahli soal Kelonggaran Penggunaan Masker: Kebijakan Ini Tepat

18 Mei 2022 21:05 WIB
Ilustrasi masker
Ilustrasi masker ( Sehat Negeriku)

Palembang, Sonora.ID – Pemerintah mengeluarkan kebijakan pelonggaran pengguanan masker terutama di luar ruangan dalam rangka transisi dari pandemi ke endemi.

Bagaimana tanggapan ahli terkait kebijakan ini? Ahli Mikrobiologi Universitas Sriwijaya (Unsri), Prof. Yuwono kepada Sonora mengatakan (18/05/2022).

“Masker hanya salah satu upaya pencegahan penularan Covid, selain itu ada cuci tangan, jaga jarak, peningkatan gizi, dan lain sebagainya. Kebijakan ini tepat sebab gelombang Covid berikutnya diprediksi tidak terbentuk. Bulan April sudah tidak ada peningkatan, data konsisten menunjukkan bahwa kasus aktif sudah menurun drastis, pertambahan kasus sangat sedikit dibanding yang sembuh,” ujarnya.

Ia menambahkan hal ini adalah salah satu konsekuensi dari tindakan baik pemerintah dan masyarakat.

Baca Juga: Pemkot Makassar Ikut Aturan Lepas Masker di Ruang Terbuka

Pemerintah dengan berbagai program salah satunya vaksinasi, masyarakat sadar akan pentingnya kesehatan, bahkan Indonesia masuk dalam rangking 4 vaksinasi di dunia.

Udara bebas diluar ditambah sinar matahari efektif mencegah infeksi penularan virus lewat saluran nafas bukan hanya Covid.

Masyarakat yang berada diluar tentu adalah masyarakat yang kesehatannya baik.

“Ini pertimbangan-pertimbangan yang menjadi komunikasi yang baik meskipun agak telat,” tukasnya.

Ke depannya, yang terpenting adalah tingkat kesadaran masyarakat yang ditentukan oleh pengetahuan dan mengukur diri.Misalnya saat hendak keluar bertemu siapa dan ke mana, ketahui apakah perlu memakai masker atau tidak.

Apakah PPKM masih perlu?

Menurut Prof. Yuwono, PPKM lebih sebagai konsolidasi agar masyarakat memiliki perilaku yang baik terhadap pandemi.

Pandemi bisa saja muncul dengan bentuk yang lain, bila ada pandemi yang lain masyarakat sudah memiliki kesadaran mengukur diri sendiri dan lingkungannya.

“Apa pun kebijakan pemerintah tetap ditaati, setiap kebijakan bisa saja dicabut kemudian diterapkan lagi. Jaga imunitas, kebiasaan baik soal higenitas terus diterapkan, sanitasi, kebersihan lingkungan harus diperhatikan, mudah-mudahan sehat selalu,” tutupnya.

 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.