Naik KA Tetap Wajib Pakai Masker dan Lampirkan Surat PCR bagi Penumpang Vaksin Dosis Pertama

19 Mei 2022 11:15 WIB
Asisten Manager Humas Daop 2 Bandung, Donda Naibaho.
Asisten Manager Humas Daop 2 Bandung, Donda Naibaho. ( Dok. Humas Daop 2 Bandung)
Bandung, Sonora.ID -  Pemerintah pada Selasa (17/5/2022) memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker bagi masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka.
 
Kebijakan tersebut diambil dengan memperhatikan kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang saat ini makin terkendali.
 
Namun demikian, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan tidak ada pelonggaran mengenai kebijakan penggunaan masker pada layanan moda transportasi kereta api. 
 
"Kami di Daerah Operasional 2 Bandung mengacu pada Surat Edaran dari Kementerian Perhubungan Nomor 57 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang terbit Selasa (18/5) kemarin," ucap Asisten Manager Humas Daop 2 Bandung, Donda Naibaho kepada Sonora, Rabu (18/5/2022).
 
Baca Juga: Penumpang KAI Tetap Wajib Pakai Masker meski Sudah Ada Pelonggaran

"Jadi para pelanggan dan penumpang kereta api tetap menggunakan masker saat akan naik dan di dalam perjalanan kereta api sesuai dengan SE tersebut," tuturnya.

"Masker yang digunakan tetap masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut, dan dagu," imbuhnya.
 
Donda juga mengatakan, khusus pelanggan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ), akan diminta untuk mengganti masker secara berkala setiap 4 jam dan membuang limbah masker di tempat yang disediakan. 
 
Selain itu, lanjut Donda, pelanggan diimbau untuk tidak berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan. 
 
Lebih lanjut Donda juga mengatakan, bahwa dalam SE tersebut, juga terdapat peraturan baru yang diberlakukan untuk pelanggan KAJJ dan KA Lokal.
 
Berikut syarat naik KAJJ.
  1. Vaksin kedua (lengkap) dan ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19.
  2. Vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam.
  3. Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah disertai hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam.
  4. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan
Berikut syarat naik KA Lokal dan Aglomerasi.
  1. Vaksin minimal dosis pertama.
  2. Tidak diwajibkan untuk menunjukkan surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen atau RT-PCR.
  3. Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.
  4. Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR, namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.
"PT KAI Daop 2 Bandung berkomitmen untuk selalu mendukung segala kebijakan pemerintah dalam hal ketentuan peraturan perjalanan kereta api di masa pandemi Covid-19. Tentunya, protokol kesehatan bagi pelanggan KA baik saat dalam perjalanan KA maupun di area stasiun masih tetap diterapkan dengan ketat," papar Donda.
 
Baca Juga: Pelanggan KA Jarak Jauh Sudah Vaksin Lengkap Tak Perlu Screening Covid-19

Dalam rangka memperlancar proses pemeriksaan, KAI telah mengintegrasikan ticketing system KAI dengan aplikasi Peduli Lindungi untuk memvalidasi data vaksinasi dan hasil tes Covid-19 pelanggan. Hasilnya data tersebut dapat langsung diketahui oleh KAI pada saat pemesanan tiket melalui KAI Access, web KAI, dan pada saat boarding.

"Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya,” pungkas Donda.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.