Pemkab Mempawah Dukung Dekosentrasi Tugas dan Wewenang Gubernur sebagai Wakil Pusat

20 Mei 2022 18:15 WIB
 Rapat Koordinasi Pelaksanaan Dekonsentrasi Tugas dan Wewenang Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat di Aston Pontianak Hotel & Convention Center, Pontianak, Kamis (19/05/2022).
Rapat Koordinasi Pelaksanaan Dekonsentrasi Tugas dan Wewenang Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat di Aston Pontianak Hotel & Convention Center, Pontianak, Kamis (19/05/2022). ( Dok. Prokopim Mempawah)

Mempawah, Sonora.ID - Dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan wewenang gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat di daerah sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Tugas dan Wewenang Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat.

Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi menghadiri Rapat Koordinasi Pelaksanaan Dekonsentrasi Tugas dan Wewenang Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat di Aston Pontianak Hotel & Convention Center, Pontianak, Kamis (19/05/2022).

Kegiatan Dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat Harisson yang mewakili Gubernur Kalimantan Barat.

Dalam laporan panitia yang disampaikan Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Kalimantan Barat Suherman mengatakan dalam melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah kabupaten/kota dan tugas pembantuan oleh daerah kabupaten/kota, Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat mempunyai pelimpahan wewenang sebanyak 46 tugas dan wewenang.

Baca Juga: Pemkab Mempawah Ikut Gerakan Nasional 'Bangga Buatan Indonesia'

“Oleh karena itu, tujuan dari penyelenggaraan rapat ini untuk memperkuat kedudukan gubernur sebagai wakil pemerintah pusat dan terciptanya sinkronisasi pembangunan pusat dan daerah,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen BAK Kementerian Dalam Negeri yang diwakili oleh Analis Kebijakan Ahli Madya Sub Direktorat Fasilitasi Pelayanan Umum S. Halomon Papahan dalam sambutannya mengatakan visi misi Presiden dan Wakil Presiden beserta penjabarannya harus menjadi pedoman dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Indonesia.

“Dengan demikian seluruh penyelenggaran pemerintahan di pusat dan di daerah harus dilaksanakan secara sinergis dalam satu poros Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam menjalankan sistem pemerintahan dalam konsep NKRI, seluruh arah pembangunan dan kebijakan di pemerintah pusat harus sesuai dan sejalan dengan pemerintah daerah baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten/kota sehingga pembangunan dapat terlaksana secara terintegrasi dan tidak menimbulkan kesenjangan antara pemerintah pusat dengan pemerintahan di daerah,” jelasnya.

Baca Juga: Pemkab Mempawah 6 Kali Berturut-turut Raih WTP Menurut Laporan LKPD

Halomon Papahan juga mengatakan, peran Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat sangat penting dalam mendukung kebijakan Pemerintah agar dalam segala bentuk kebijakan berpihak kepada daerah dan masyarakat dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan, pengembangan pembangunan daerah dan pelayanan umum.

Turut hadir mengikuti kegiatan, Bupati/Walikota se-Kalimantan Barat, Asisten serta Kepala Bagian yang membidangi Pemerintahan kabupaten/kota se-Kalimantan Barat dan pihak-pihak terkait lainnya.

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.