Mensos dan Pemkab Kendal Siapkan Bantuan Sosial untuk Penderita Kanker

24 Mei 2022 11:23 WIB
Mensos dan Pemkab Kendal Siapkan Bantuan Sosial untuk Penderita Kanker
Mensos dan Pemkab Kendal Siapkan Bantuan Sosial untuk Penderita Kanker ( Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI)

Sonora.ID - Jajaran Kementerian Sosial dan Pemerintah Kabupaten Kendal Jawa Tengah bekerja menyiapkan bantuan sosial untuk Tarno. Pria 32 tahun ini menderita tumor otak dan tidak mampu mengakses layanan kesehatan karena kondisi perekonomiannya yang terbatas.

Menteri Sosial Tri Rismaharini telah memerintahkan jajarannya untuk memastikan bantuan untuk Tarno. Dalam kunjungan ke kediaman Tarno di Dusun Blimbing, Desa Mlatiharjo, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Mensos menyerahkan donasi sebesar Rp67.783.762 yang merupakan sumbangan para dermawan melalui kitabisa.com.

Mensos menyatakan, Kemensos membantu masyarakat yang mengalami masalah seperti Tarno. Namun, pihaknya perlu menggandeng platform penggalangan donasi yakni kitabisa.com. Sekarang proses pengobatan Tarno masih terus berlanjut di RS Kariadi Semarang.

Baca Juga: Presiden Jokowo Didampingi Mensos Saksikan Salur BLT Minyak Goreng di Pasar Muntilan

"Karena anggaran Kemensos tidak mendukung untuk pengobatan berkelanjutan. Insya Allah kami dan kitabisa akan terus mendampingi saat pengobatan selama di rumah sakit,” kata Mensos di Jakarta (23/05/2022).

Merespon bantuan ini, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kendal Toni Ari Wibowo menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas respon semua pihak, termasuk Mensos. Terkait pendanaan, Toni sejalan dengan pernyataan Mensos, anggaran pemerintah tidak bisa sepenuhnya mendukung keperluan tersebut.

“Alhamdulillah, Ibu Mensos hadir dengan menggandeng masyarakat. Pihak Sentra Terpadu Kartini dan para pendamping bekerja luar biasa membantu berbagai kebutuhan pak Tarno,” kata Toni.

Sentra Terpadu Kartini telah memberikan uborampe (berbagai dukungan), sandang pangan, alat bantu, dan bantuan kewirausahaan. Toni mengatakan, saat ini Pemkab Kendal, bersama pilar sosial Kemensos serta pihak terkait tengah menyiapkan bantuan sosial untuk Tarno. Hal ini untuk membantu Tarno dan keluarga yang bekerja namun pendapatannya kurang memadai.

“Bantuan sudah diberikan yakni Bantuaan Pangan Non Tunai (BPNT) atas nama ayahnya. Kami sedang berusaha memecah Kartu Keluarga (KK) karena KK masih tinggal dengan ayahnya. Kami mencoba berproses ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan bansos lainnya,” kata Toni.

Mensos dan Pemkab Kendal Siapkan Bantuan Sosial untuk Penderita Kanker, Pak Tarno

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm