Kemendikburistek Raih Predikat Baik dalam Verifikasi Indeks KAMI 2022 dari BSSN

24 Mei 2022 13:00 WIB
Kemendikburistek Raih Predikat Baik dalam Verifikasi Indeks KAMI 2022 dari BSSN
Kemendikburistek Raih Predikat Baik dalam Verifikasi Indeks KAMI 2022 dari BSSN ( BKHM Kemendikbudrsitek)

Sonora.ID - Dalam menjamin keamanan informasi di lingkungan kementerian dan lembaga, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyelenggarakan verifikasi asesmen indeks Keamanan Informasi (KAMI) di sektor Pemerintah Pusat Tahun 2022.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjadi salah satu dari 12 instansi yang dilakukan asesmen indeks KAMI dan mendapatkan predikat baik dengan nilai 620, kategori SE strategis, dan tingkat kematangan III+.

Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Kemendikbudristek, M. Hasan Chabibie mengatakan Pusdatin Kemendikbudristek sebagai pengelola keamanan informasi mengapresiasi dan berterimakasih kepada BSSN yang telah melakukan asesmen indeks KAMI kepada Kemendikbudristek.

Baca Juga: Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti Kemendikbudristek Lakukan Pencanangan Zona Integritas

“Hasil yang didapat akan menjadi pertimbangan bagi Kemendikbudristek dalam meningkatkan sektor keamanan informasi mengingat digitalisasi pendidikan sedang menjadi konsentrasi kementerian dalam mewujudkan kebijakan Merdeka Belajar,” terang Hasan saat dihubungi di Jakarta, pada Senin (23/5).

Sementara itu, perwakilan tim BSSN, A’Mas menyampaikan hasil penilaiain yang diraih Kemendikbudristek menunjukkan bahwa Kemendikbudristek telah layak menerapkan Standar Keamanan Informasi (SMKI) berdasarkan ISO:27001. Ia juga mengatakan, hasil penilaian ini didapat dari adanya komitmen pimpinan dalam manajemen SKMI.

“Dokumentasi dan klasifikasi data juga sudah dilakukan sangat baik di Kemendikbudristek. Namun yang paling penting upaya dari tim keamanan informasi untuk melakukan posedur yang sesuai dengan SMKI adalah kunci utama untuk mengantarkan indeks KAMI Kemendikbudristek bernilai baik,” ujar A’Mas.

A’Mas juga menambahkan aspek risiko menjadi aspek yang paling menonjol dalam asesmen indeks KAMI. Menurutnya, penerapan manajemen risiko yang dilakukan Pusdatin Kemendikbudristek sudah dilakukan secara menyeluruh.

“Namun kami tetap memberikan rekomendasi agar dapat menjadi perbaikan SMKI di Kemendikbudristek,” imbuhnya.

BSSN sebagai verifikator dalam melakukan verifikasi dan validasi terhadap asesmen indeks KAMI memberikan sejumlah pertanyaan pada beberapa area, di antaranya Kategori Sistem Elektronik yang digunakan, Tata Kelola Keamanan Informasi, Pengelolaan Risiko Keamanan Informasi, Kerangka Kerja Keamanan Informasi, Pengelolaan Aset Informasi, Teknologi dan Keamanan Informasi, dan Suplemen (Tambahan pengukuran dilakukan untuk aspek Pengamanan Keterlibatan Pihak Ketiga Penyedia Layanan, Pengamanan Layanan Infrastruktur dan Perlindungan Data Pribadi).

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.