Syarif Bando: Kemampuan Literasi Juga Harus Dilengkapi Critical Thinking

24 Mei 2022 13:36 WIB
Kepala Perpusnas Drs Muhamad Syarif Bando, MM
Kepala Perpusnas Drs Muhamad Syarif Bando, MM ( Istimewa)

Banjarmasin,Sonora.Id - Hasil kajian Perpustakaan Nasional menempatkan Provinsi Kalimantan Selatan sebagai daerah dengan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) tertinggi di Indonesia pada 2021. Raihan prestasi tersebut bukan tanpa tiba-tiba, melainkan karena upaya serius dari seluruh pihak.

Sekretaris Daerah Kalsel Roy Rizali Anwar mengatakan Pemprov Kalsel menyadari bahwa literasi merupakan tulang punggung bagi pembangunan manusia di masa depan. Sektor pendidikan menjadi kunci.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka rangkaian kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) di Kota Banjarmasin, Selasa (25/05/22).

“Kami memahami bahwa pendidikan melahirkan sumber daya manusia unggul. SDM yang unggul inilah yang berpotensi menentukan kualitas literasi masyarakat,” ujar Anwar.

Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando mengatakan selain upaya sinergi dan kolaborasi, pembangunan infrastruktur gedung layanan perpustakaan umum melalui dana alokasi khusus (DAK) juga membantu mempercepat agenda pembangunan di daerah dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Perpustakaan bukan sekedar tempat masyarakat mencari buku tetapi juga membantu masyarakat mengenali potensi kemampuan dan sumber daya alam sekitar sehingga terjadi simbiosis mutualisme dalam proses literasi untuk kesejahteraan,” jelas Bando.

Sejak 2019-2022, Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Deni Kurniadi mengatakan sudah lebih dari 100 unit gedung layanan perpustakaan umum dibangun, baik di kabupaten/kota hingga provinsi. Tentu saja gedung layanan perpustakaan yang dibangun sudah memenuhi standar nasional perpustakaan (SNP).

“Hal ini sekaligus untuk membantu mengatasi kesenjangan karena dari 164.610 gedung perpustakaan, baru sekitar 6% saja yang sesuai SNP,” jelasnya

Senada dengan Kepala Perpusnas, Ketua Komisi IV DPRD Kalsel H.M Lutfi Saifuddin menambahkan tujuan literasi adalah meningkatkan pemahaman yang positif, meningkatkan pola pikir yang kritis dalam segala hal, meningkatkan budaya literasi, memperkuat dan mengembangkan budi pekerti.

Kehadiran teknologi di tengah penumbuhkembangkan kegemaran membaca memang seperti dua mata pedang. Jika tepat digunakan hasilnya akan baik. Begitu sebaliknya. Teknologi mempunyai dua elemen penting, yakni speed and power. Teknologi bisa melipatgandakan kecepatan dan kekuatan untuk berbuat baik atau sebaliknya.

“Kita saat ini memasuki kondisi yang disebut tsunami informasi. Di mana informasi bertebaran sangat cepat, namun belum tentu teruji benar. Makanya, penting bagi masyarakat memiliki kemampuan literasi agar masyarakat mampu memilih dan memilah informasi yang tepat sehingga tidak mudah termakan informasi yang sesat. Jadi, literasi bukan sekedar bisa baca tulis tetapi juga dilengkapi dengan kemampuan critical thinking,” pungkas Rektor UIN Antasari Mujiburrahman.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.