Perpusnas: Darurat Baca Buku Lebih Krusial Di Banding Darurat Buku

25 Mei 2022 20:37 WIB
Perpusnas menggelar webinar Duta Baca, Rabu (25/5/22)
Perpusnas menggelar webinar Duta Baca, Rabu (25/5/22) ( Perpusnas)

Jakarta,Sonora.Id - Penguasaan literasi yang mumpuni akan membantu manusi secara personal dan komunal menghadapi dunia yang kian mengglobal. Di sisi lain, pemerintah terus berupaya untuk membangun kegemaran membaca dan literasi. Literasi merupakan aspek fundamental karena menjadi prasyarat terwujudnya masyarakat berpengetahuan dan berkarakter.

Peningkatan literasi mencakup peningkatan budaya kegemaran membaca. “Namun, tantangan terbesar dalam menumbuhkan kegemaran membaca adalah disparitas ketersediaan bahan bacaan dan tingkatan kegemaran membaca,” ungkap Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Deni Kurniadi pada Webinar Duta Baca Indonesia “Indonesia Darurat Buku”, pada Rabu, (25/05/2022).

Deni mencatat pada 2022, karya cetak karya rekam (KCKR) yang terhimpun Perpusnas mencapai 2.939.008 eksemplar. Jika mengacu rasio yang ditetapkan UNESCO dimana 1 : 3 buku baru tiap tahun, kondisi yang terjadi malah sebaliknya, 1 buku ditunggui oleh 90 orang.

Beberan fakta yang dipaparkan Perpusnas diamini oleh Duta Baca Indonesia (DBI) Gol A Gong. Pada kegiatan Safari Literasi DBI, ia merangkum dua hal penting yang ditemui di lapangan. Kondisi disparitas ketersediaan buku yang memang masih terjadi. Memang di beberapa daerah banyak buku yang diterbitkan, namun hal itu dilakukan secara tergesa-gesa. Tidak melalui perencanaan dan penulisan yang terstruktur.

“Meski ini sebenarnya bisa menjadi modal untuk mengatasi kesenjangan buku terhadap penduduk,” terang Gol A Gong.

Di beberapa wilayah di provinsi Bali, secara nyata penduduk tidak tertarik dengan aktivitas menulis. mereka lebih tertarik mengedepankan pariwisata. Padahal, mereka bisa saja menulis soal ulasan destinasi atau pun lokasi penginapan.
Kondisi yang berbeda dijumpai ketika bertandang ke provinsi Nusa Tenggara Barat dimana perpustakaan keliling sudah kehabisan bahan bacaan sehingga anak-anak menjadi bosan. Di tambah koleksi bacaan juga kurang variatif.

Kondisi mengejutkan justru ketika menjejak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Masyarakat disana amat antusias mengikuti kelas menulis bahkan sampai dinihari. Minat baca juga tinggi meski kondisi perpustakaan perlu banyak perbaikan.

“Darurat buku bisa diatasi jika kita punya kepedulian bersama dari sisi hulu. Semua harus bergerak,” pesan Gol A Gong.

Mengomentari ketimpangan rasio buku, Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Arys Hilman mengakui kondisi buku yang dicetak mengalami penurunan tiap tahunnya. Jika sebelumnya satu judul mampu dicetak hingga 5.000 eksemplar, di masa pandemi justru menurun justru eksemplar yang dicetak.

“Di negara dengan literasi tinggi, seperti Finlandia, ketika di masa pandemi justru terjadi peningkatan penjualan buku mencapai 12%. Di Amerika Serikat juga mencapai kenaikan penjualan buku 8,2%, dan di Inggris 5,5%. Artinya, kita harus melihat indeks literasi bukan soal kegemaran membaca,” terang Arys Hilman.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.