Ilustrasi salat jumat
Ilustrasi salat jumat ( Sonora FM Palembang)

Masha Allah Umat Islam Harus Tahu, Amalan Salat Jumat Ini Datangkan Pahala Seperti Puasa dan Tahajud Setahun, Apa Itu?

27 Mei 2022 09:50 WIB

Sonora.ID - Salat Jumat menjadi salah satu ibadah wajib yang mendatangkan pahala bagi orang yang melaksanakannya. Bahkan dengan amalan benar yang dilakukan bisa mendatangkan pahala seperti ibadah puasa dan salat malam selama satu tahun.

Salat Jumat hukumnya wajib bagi laki-laki muslim. Tak hanya sekedar melaksanakan salat dua rakaat, berbagai amalan pada hari ini juga mendatangkan pahala yang luar biasa dari Allah SWT.

Karena hal itu, para muslim laki-laki sebaiknya tak meninggalkan keutamaan dari salat tersebut.

Ustadz Adi Hidayat dalam salah satu ceramahnya menjelaskan bahwa ada amalan khusus saat salat Juamt yang mendatangkan pahala seperti ibadah puasa dan salat tahajud selama setahun penuh.

Apa amalan yang dimaksud sang Ustadz? Simak ulasannya dilansir dari kanal YouTube Zhafran Alfarizqi berikut ini.

Baca Juga: Umat Islam Rugi Kalau Nggak Tahu, Ada Amalan 1 Menit yang Bisa Hapuskan Dosa 100 Tahun

Duduk di Shaf Pertama dan Datang di Awal Waktu Salat Jumat

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bahwa siapa yang mandi sebelum berangkat Jumat, kemudian berangkat di awal waktu atau di shaf paling depan dan mendengarkan khutbah sampai selesai, maka dia seperti mendapatkan pahala ibadah puasa dan salat tahajud selama setahun penuh.

Adapun yang dimaksud duduk di shaf paling depan bukan berarti menyerobot shaf saat sudah terisi penuh oleh jemaah lain.

"Kalau anda berangkat di hari Jumat, Jumat ini pahalanya banyak sekali, dari wudhunya, mandinya, masuk masjidnya, sampai berdoanya, bahkan ada salat satu doa yang kalau dibaca setelah salat Jumat sulit ditolak," kata Ustadz Adi Hidayat.

Baca Juga: Masya Allah Patut Diamalkan Tiap Pagi, Baca Surat Ini Ketika Salat Dhuha, Tips Rezeki Berlimpah dan Doa Cepat Terkabul

Doa tersebut adalah "Allahummakfini bi halalika 'an haramika wa aghniniy bi fadhlika 'amman siwaka,".

Adapun artinya adalah "Ya Allah cukupkan aku dengan yang halal dariMu dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu,".

Ustadz Adi Hidayat mengatakan bahwa orang yang membaca doa ini akan dijaga dengan apa-apa yang bersifat halal serta dijauhkan daripada perbuatan yang bersifat haram.

Video Pilihan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm