Pemkab Kapuas Hulu, Cek Kesehatan Sapi dan Kambing Jelang Idul Adha

28 Mei 2022 14:00 WIB
Rasa kekhwatiran masyarakat terhadap kualitas daging sapi atau kambing, menjelang hari raya idul Adha, di wilayah Kapuas Hulu mulai dirasakan, karena adanya penyakit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), yang menyerang sapi, kambing, dan kerbau.
Rasa kekhwatiran masyarakat terhadap kualitas daging sapi atau kambing, menjelang hari raya idul Adha, di wilayah Kapuas Hulu mulai dirasakan, karena adanya penyakit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), yang menyerang sapi, kambing, dan kerbau. ( Prokopim Kapuas Hulu)

Pontianak, Sonora.ID - Rasa kekhwatiran masyarakat terhadap kualitas daging sapi atau kambing, menjelang hari raya idul Adha, di wilayah Kapuas Hulu mulai dirasakan, karena adanya penyakit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), yang menyerang sapi, kambing, dan kerbau.

Seorang warga Putussibau Selatan, Kapuas Hulu, Muhyan, menyatakan kalau dirinya rencana akan melaksanakan kurban di hari raya idul Adha, namun masih melihat perkembangan kualitas daging sapi atau kambing itu sendiri.

"Saya lihat dulu, bagaimana kualitas daging sapi atau kambing itu sendiri, karena saat ini sudah ada penyakit baru (PMK) yang menyerang sapi dan kambing," ujarnya kepada Tribun Pontianak, Kamis 26 Mei 2022.

Namun sejauh ini kata Muhyan, dirinya pernah menanyakan pihak Dinas Perternakan, dengan jawaban belum ada kasus PKM yang menyerang sapi dan kambing di Kapuas Hulu.

"Tapi kami berharap menjelang hari raya idul Adha, Pemkab Kapuas Hulu sudah melakukan pengecekan kesehatan sapi, dan kambing yang dijual untuk daging kurban," ungkapnya.

Warga lainnya, Dayan menyatakan kalau dirinya juga merencanakan akan melakukan kurban daging sapibdi di hari raya idul Adha nantinya.

"Insyaallah akan dilaksanakan, dan tentunya tetap memilih sapi yang sehat sesuai anjuran agama Islam," ujarnya kepada Tribun.

Mengenai adanya penyakit mulut dan kuku yang menyerang sapi dan kambing saat ini, Dayan menuturkan, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu pasti sudah melakukan langkah-langkah untuk mengecek kesehatan sapi dan kambing yang akan di kurban.

"Seperti tahun-tahun yang lalu, pasti ada dilakukan pengecekan kesehatan sapi dan kambing yang dijual untuk menjadi daging kurban," ungkapnya.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Harga Daging di Palembang Masih Normal

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.