Cerita Sriyanto, Pematung Budha Asal Boyolali yang Sukses Bawa Karyanya ke Amerika

2 Juni 2022 17:10 WIB
Sriyanto, Pematung Budha Asal Boyolali yang Sukses Bawa Karyanya ke Amerika
Sriyanto, Pematung Budha Asal Boyolali yang Sukses Bawa Karyanya ke Amerika ( Tribunnews.com)

Sonora.ID - Pematung asal Dukuh Kalidadap, Desa Urutsewu, Ampel, Boyolali ini adalah seorang pematung patung Budha yang sangat sukses.

Sriyanto adalah namanya. Banyak karyanya yang sudah terkenal karena pahatan karyanya yang tidak bisa dianggap sebelah mata. Sriyanto sudah banyak membuat replika candi di seluruh Indonesia.

Beberapa karyanya yang dapat dinikmati diantaranya adalah Arca Ganesha di Dieng, Wonosobo, Replika Candi Pawon di Semarang bahkan termasuk 3 candi setinggi 14 meter yang berada di Medan. Selain berbagai karya di Indonesia, Sutriyanto juga telah mengirimkan karyanya ke Amerika berupa 8 stupa.

Ternyata dibalik kesuksesannya sebagai pengrajin patung ini ada cerita yang sangat mendalam terkait dengan keyakinannya.

Sudah sering terdengar jika beberapa orang sukses dalam merintis karir akibat keadaan kesulitan. Kesulitan tersebut berubah menjadi hal yang menguntungkan karena skill yang terpendam akhirnya bangun.

Sriyanto awalnya adalah orang yang biasa-biasa saja. Dulu, Sriyanto pernah tinggal di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta.

Dirinya yang beragama Budha, kesulitan mencari patung Budha untuk beribadah. Akibat kesulitan tersebut, dan iman yang kuat untuk mendekatkan diri pada Tuhan-Nya, Sriyanto membulatkan tekad untuk membuat sendiri patung Budha.

Berbekal semangat dan iman, dirinya berhasil menyelesaikan patung Budha tersebut. Ternyata setelah itu, dirinya tak langsung berhenti malah masih terus memahat batu.

“Ternyata keterusan sampai sekarang. Untuk saat ini saya buatnya berdasarkan pesanan. Biasanya buat tokoh-tokoh buddhis. Seperti patung Budha, Dewi Kwan In dan lainnya," ungkapnya.

Baca Juga: 7 Patung Feng Shui Terbaik untuk di Rumah, Undang Hoki hingga Kesehatan!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.