Pemerintah Indonesia dan Belanda Sepakat Perkuat Kerja Sama Kemaritiman Bilateral

2 Juni 2022 17:20 WIB
Menko Luhut B. Pandjaitan bersama seluruh Delegasi Indonesia juga bertemu dengan Delegasi Belanda yang dipimpin Menteri Infrastruktur dan Pengelolaan Air Belanda, Mark Harbers, Minggu (29/5/22)
Menko Luhut B. Pandjaitan bersama seluruh Delegasi Indonesia juga bertemu dengan Delegasi Belanda yang dipimpin Menteri Infrastruktur dan Pengelolaan Air Belanda, Mark Harbers, Minggu (29/5/22) ( Humas Marves)

Den Haag, Sonora.Id - Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama seluruh Delegasi Indonesia juga bertemu dengan Delegasi Belanda yang dipimpin Menteri Infrastruktur dan Pengelolaan Air Belanda, Mark Harbers pada Minggu (29/5/22)

Pada kesempatan tersebut, Menteri Mark Harbers mengapresiasi capaian Indonesia dalam penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi makro.

Pertemuan ditujukan untuk membahas perkembangan kerja sama kedua negara, khususnya untuk sektor pengembangan pelabuhan, keairan dan energi baru/terbarukan. Secara khusus, kedua delegasi mengharapkan kelanjutan dan peningkatan kerja sama dengan Otoritas Pelabuhan Rotterdam Belanda (Port of Rotterdam) dalam pembangunan pelabuhan Indonesia.

Kerja sama bilateral RI-Belanda di bidang kemaritiman dan pengelolaan air yang selama ini berjalan baik tersebut terefleksikan pula dalam keinginan kedua negara memperpanjang Kesepakatan Kerja Sama Kemaritiman hingga tahun 2025. Untuk itu, Menko Luhut dan Menteri Mark Harbers saling menyampaikan dokumen perpanjangan mewakili Pemerintah kedua negara.

Menko Luhut juga mengundang pihak Belanda untuk mendukung pembangunan Ibukota Nusantara (IKN) melalui sharing of expertise dan peningkatan investasi ekonomi hijau antara lain melalui program blended finance.

“Pembangunan IKN tidak hanya terbatas pada membangun infrastruktur kota baru, melainkan pula penyediaan aspek sosial dan ekonomi penduduknya. Hal mana perlu dipersiapkan dengan sebaik-baiknya dan Belanda siap mendukung Indonesia dalam kaitan ini.”, demikian Menteri Mark Harbers menyampaikan komitmennya. Di akhir Pertemuan, Menteri Mark Harbers menyambut baik undangan Menko Luhut untuk berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat.

Kedua Menteri selanjutnya secara bersama-sama membuka Forum Maritim Bilateral RI-Belanda ke-4 yang akan diikuti Delegasi kedua negara guna pembahasan kerja sama kemaritiman secara lebih detil dan teknis.

Forum Maritim Bilateral RI-Belanda merupakan salah satu bentuk implementasi dari MoU Kerja Sama Kemaritiman antara kedua negara. Pertemuan terakhir dilaksanakan tahun 2019 dan sempat tertunda selama tiga tahun akibat pandemi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.