Lemhannas RI Gelar Pembinaan Nilai Kebangsaan di Pontianak

7 Juni 2022 18:05 WIB
 Lemhannas RI menyelenggarakan kegiatan pembinaan dan pelaksanaan pemantapan nilai-nilai kebangsaan di Pontianak selama 8 hari.
Lemhannas RI menyelenggarakan kegiatan pembinaan dan pelaksanaan pemantapan nilai-nilai kebangsaan di Pontianak selama 8 hari. ( )

Pontianak, Sonora.ID - Sebagai upaya untuk memantapkan nilai-nilai kebangsaan bagi masyarakat di Pontianak, Lemhannas RI menyelenggarakan kegiatan Pembinaan dan Pelaksanaan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan di Pontianak selama 8 hari. 

Kegiatan ini ditujukan bagi peserta yang terdiri dari perwakilan birokrat, akademisi, tokoh masyarakat, organisasi profesi, TNI dan POLRI

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan peserta mendapatkan kemampuan dalam memahami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari empat konsensus dasar bangsa, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Wakil Gubernur Lemhannas RI, Letnan Jenderal TNI Mohamad Sabrar Fadhilah, dalam sambutannya Wakil Gubernur mengharapkan peserta dapat memanfaatkan waktu secara efektif dan lebih menyelami potensi yang selama ini terpendam pada diri peserta, agar ke depan dapat digali lebih mendalam dengan senantiasa mau membuka diri terhadap perubahan tanpa harus meninggalkan kewaspadaan terhadap dampak negatif ancaman era globalisasi, sehingga memiliki daya lentur yang handal dalam menghadapi realita dan fenomena kehidupan yang semakin kompetitif dan serba berubah. 

Baca Juga: Lewat Jakarta Geopolitical Forum V 2021 Lemhannas Ajak Masyarakat Memahami Bentuk Peradaban Masa Depan

“Sekaligus peserta dapat menjadi pengawal dan penunjuk arah terkait dengan upaya mewujudkan proses pembelajaran yang berkarakter kebangsaan dengan menampilkan sikap ceria, empati, terbuka, komunikatif, serta berkomitmen untuk mewujudkan nilai-nilai kebangsaan yang efektif, inovatif dan kreatif, baik di lingkungan keluarga, masyarakat dan terutama di lingkungan tempat para peserta bertugas, agar selalu selaras dengan kemajuan jaman,” ucapnya, Selasa (7/6).

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Provinsi Kalimantan Barat Sutarmidji, dalam sambutannya berharap agar pelatihan ini mampu lebih memahami dan mengaktualisasikan diri sebagai agent of change yang memiliki semangat baru, semakin percaya diri, terbuka, berfikir positif, inovatif, dan kreatif dalam menjalankan pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Kegiatan Pembinaan dan Pelaksanaan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan dilakukan dengan menggunakan metode pemantapan melalui ceramah dan diskusi, Diskusi Kelompok (DK) dan Diskusi Antar Kelompok (DAK), simulasi dalam ruangan, serta outbond.

Nantinya, peserta akan mendapatkan materi terkait 4 konsensus dasar bangsa yang terdiri dari materi utama (Pancasila, UUD NKRI TAHUN 1945, NKRI dan Sesanti Bhinneka Tunggal Ika), materi dasar (wawasan nusantara, ketahanan nasional, kewaspadaan nasional dan kepemimpinan nasional) dan materi penunjang (pengantar nilai-nilai kebangsaan dan sejarah perjalanan bangsa, pembangunan karakter bangsa, dan kearifan lokal).

Baca Juga: Gubernur Lemhannas: IKAL PPSA XXI/2017 Hasilkan National Strategic Leader ?

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm