Car Free Day Kembali Digelar di Pekanbaru, PJ Walikota: Pekanbaru Siap untuk Pulih

12 Juni 2022 19:33 WIB
CFD di Kota Pekanbaru.
CFD di Kota Pekanbaru. ( )

Pekanbaru, Sonora.ID - Pasca penurunan kasus Covid-19 di Pekanbaru, Pemerintah melalui Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru kembali menggelar Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau yang lebih dikenal dengan Car Free Day (CFD). Kegiatan ini dibuka pertama kali pada hari Minggu, 12 Juni 2022 di ruas jalan Jl. Sudirman Pekanbaru.

Pejabat Walikota Pekanbaru, Muflihun menjelaskan bahwa kegiatan ini dapat terselenggara karena status PPKM di Pekanbaru sudah jauh menurun dan sudah aman bagi masyarakat untuk berkegiatan di luar.

“Kemarin saya dan Pak Sekda berkesempatan melihat kondisi kota lain, dan di sana sudah mulai kegiatan CFD. Jadi saya pikir, kok kita belum? Maka dari itu kemudian kita kaji, dan ternyata Pekanbaru sudah masuk PPKM level 1, yang artinya kita udah boleh melakukan kegiatan di luar. Tapi harus tetap sadar kita harus jaga prokes, karena ini belum total berakhir covid-19. Kita harus menjaga diri dan keluarga supaya tidak terjangkit lagi,” jelasnya dalam sambutan yang berlokasi di depan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Riau.

Muflihun juga menjelaskan bahwa CFD bisa dijadikan tempat untuk berekreasi, mengingat minimnya tempat rekreasi yang ada di Pekanbaru.

“Untuk Pekanbaru, masih banyak PR yang mesti dikejar, dan ini wujud kepedulian kita untuk kota pekanbaru. Di sini kit berekreasi, saling bersosialisasi, dan kemudian kitab isa Bersatu untuk mewujudkan Pekanbaru lebih baik kedepannya,” tambahnya.

Baca Juga: Pihak Kontraktor Bertanggung Jawab Penuh Terhadap Kecelakaan pada Galian Air Bersih Pekanbaru

Selain itu, Muflihun juga melihat bahwa CFD bisa menjadi cara pemerintah untuk membantu UMKM di Pekanbaru. Ia menjelaskan bahwa pihaknya bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota akan mengatur dan merencanakan regulasi untuk UMKM yang berjualan di CFD Pekanbaru.

Kepala Disperindag Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut menjelaskan bahwa di hari pertama ini UMKM belum diperbolehkan berjualan. Itu karena pihaknya masih melakukan persiapan untuk pendaftaran UMKM serta pengawasan.

“Kita masih liat perkembangan covid, mudah-mudahanan satu dua minggu kedepan sudah membaik. Karena kalau UMKM sudah dibuka, maka akan ada penumpukan. Kita saat ini juga tengah mempersiapkan kriteria UMKM yang diizinkan berjualan, mengingat tempat juga terbatas. Kita juga akan membuat sistem pendaftaran, minimal dia sudah punya izin usaha mikro kecil. Kita persiapkan pengawasan juga, tentu harus ada semacam garansi dari pemerintah kalau itu baik untuk dikonsumsi,” jelasnya.

Ingot menambahkan, bahwa regulasi ini sesuatu dengan arahan Walikota agar UMKM yang berjualan di CFD tetap memperhatikan protokol Kesehatan. Untuk itu pihaknya akan mengatur lokasi UMKM agar tetap berjarak dan mencegah penumpukan.

“Yang jelas saat ini masih bertahap, karena masih suasana covid-19. Berkaca dari sebelum covid, ini sekali penuh ya. Jadi tanpa menghilangkan nuansa hiburan, kita akan membuat agar CFD ini tetap aman,” tambahnya.

Terpantau kegiatan CFD di Pekanbaru disambut masyarakat dengan antusias. Tribun Pekanbaru turut meramaikan dengan melakukan kegiatan Zumba, serta DJP Riau juga melakukan kegiatan Senam bersama untuk masyarakat yang menikmati CFD di hari itu.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.