Setelah Dua Tahun Tutup, Indonesia Kita Kembali Hadir Dengan Lakon “Tamu Agung”

14 Juni 2022 09:29 WIB
Seniman Butet Kartaradjasa
Seniman Butet Kartaradjasa ( IG Kayan Production)

Jakarta,Sonora.Id - Lama tak menyapa publik Jakarta, tahun ini Indonesia Kita kembali tampil di panggung ibu kota bekerja sama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation. Indonesia Kita, sebuah pertunjukan yang menggabungkan seni teater, music, dan tari yang digagas oleh seniman Butet Kartaredjasa dan penulis Agus Noor serta diproduksi oleh Kayan Production ini, akan menyapa publik Jakarta dengan lakon “Tamu Agung” yang dipentaskan di Ciputra Artpreneur Theater pada 17-18 Juni 2022.

Dalam pertunjukan ke-36 yang ditulis serta disutradarai oleh Agus Noor ini, akan tampil para aktor dan aktris panggung Indonesia, yaitu Butet Kartaredjasa, Cak Lontong, Marwoto, Akbar, Marsha Timothy, Endah Laras, Mucle, Yu Ningsih, Woro Mustiko, F. Nadira, Mia Ismi, Yolanda Nainggolan, Joned, Wisben, Joind Bayuwinanda. Kemunculan mereka akan didukung oleh para penari dari Dansity Dance Company dan pemusik dari kelompok Jakarta Street Music.

Lakon “Tamu Agung” ini mengisahkan tentang suatu daerah yang akan merayakan keberhasilan kota tersebut serta purna tugas sang pemimpin yang sudah menjabat selama dua periode. Menjelang perayaan, datang utusan dari pusat mengabarkan akan datangnya Tamu Agung tanpa menyebut sosok sebenarnya sang tamu ini. Untuk berjaga-jaga, para pejabat kota mempersiapkan segalanya supaya semua tampak beres.

Kedatangan Tamu Agung itu ternyata membuka banyak hal yang selama ini ditutupi di kota itu. Semua orang seperti ingin memanfaatkan kedatangan Tamu Agung untuk kepentingannya sendiri-sendiri. Bahkan ada yang cemas menganggap kedatangannya untuk melakukan bersih-bersih.

Kepanikan ini dimanfaatkan salah satu pegawai pemerintah yang kemudian menyuruh seorang gelandangan perempuan berpura-pura sebagai Tamu Agung dan mendandaninya sedemikian rupa untuk mengelabui semua orang. Segala kekocakan peristiwa pun mulai terjadi seputar kedatangan Tamu Agung ini.

Tim artistik Indonesia Kita menghadirkan cerita yang tak hanya menggelitik dan menghibur, namun juga menggambarkan situasi sosial dan politik masa kini. Jalinan kisah ini menjadi sangat menarik untuk dijadikan comeback Indonesia Kita bagi publik Jakarta yang selama ini menanti-nanti kehadiran pentas kesayangannya ini. Kehadiran kembali Indonesia Kita seolah merupakan Tamu Agung itu sendiri.

Atas kehadiran kembali Indonesia Kita di Jakarta, Butet Kartaredjasa memberikan apresiasi bagi pemerintah yang telah memperlihatkan keberhasilannya dalam melalui pandemi Covid-19 sehingga kini pertunjukan-pertunjukan seni bisa kembali dihelat.

“Saya sangat bersyukur akan kondisi Indonesia terutama Jakarta yang mulai berhasil pulih dari situasi pandemi Covid-19 dan karena itu telah merileksasi peraturan-peraturan yang terkait dengan pertunjukan seni. Meskipun pertunjukan Indonesia Kita ke-36 ini belum sepenuhnya bisa full dihadiri penonton, setidaknya kesempatan ini bisa menjadi momen bagi kami untuk kembali menyapa masyarakat di Jakarta. Semoga ke depannya, situasi ini semakin membaik dan kehidupan seni di Indonesia bisa kembali semarak,” ujar Butet Kartaredjasa.

Senada dengan Butet Kartaredjasa, Agus Noor, Direktur Kreatif Indonesia Kita dan Penulis Skenario Tamu Agung ini berharap pertunjukan Indonesia Kita ke-36 ini bisa memulihkan situasi pertunjukan seni di Indonesia yang sempat terpuruk.

“Semoga pertunjukan ini menjadi bagian dari kenormalan baru bagi kehidupan pertunjukan seni kita, di mana kita mencoba beradaptasi dengan situasi pasca pandemi. Saya rasa baik seniman maupun penonton, dan juga pihak pengelola tempat-tempat pertunjukan akan bisa menemukan cara untuk bisa terus bersilaturahmi dan saling mendukung dalam ekosistem seni kita,” ujar Agus Noor.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.