Wali Kota Makassar Tidak Dilibatkan saat Kunjungan PM Australia, Begini Respon Pemprov Sulsel

15 Juni 2022 10:10 WIB
Asisten 1 Bidang Pemerintahan, Andi Aslam Patonangi
Asisten 1 Bidang Pemerintahan, Andi Aslam Patonangi ( Istimewa)

Makassar, Sonora.ID - Pemprov Sulsel melalui Asisten 1 Bidang Pemerintahan, Andi Aslam Patonangi angkat bicara menanggapi komentar Wali Kota Makassar Danny Pomanto yang mengatakan pihaknya tidak dilibatkan dalam kunjungan Perdana Menteri Australia, Anthoni Albanese belum lama ini.

Aslam mengatakan, seluruh agenda kunjungan kerja Perdana Menteri diatur oleh Kedutaan Besar Australia di Jakarta yang berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri.

Baca Juga: Nggak Cuma Indonesia, 7 Negara Ini Juga Ada Rumah Makan Padang, Lho!

Pihaknya kemudian menerima jadwal tersebut dari Konsulat Jenderal (Konjen) Australia.

"Ini jadwal bukan kami yang buat dik, ini dari kedutaan besar Australia di Jakarta koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri kemudian turun ke Konsulat Jenderal kemudian ke kami," ucap Aslam kepada Sonora.id, Selasa (15/6/2022).

Aslam menuturkan, kunjungan Perdana Menteri Albenese menemui Gubernur Andi Sudirman Sulaiman pun berlangsung hanya beberapa menit.

Sebelum ke Kantor Gubernur, Perdana Menteri Albenese memberi kuliah umum di Unhas, kemudian menyempatkan berkunjung ke pabrik terigu PT. Eastern Pearl Flour Mills yang berlokasi di Jalan Nusantara Makassar.

"Itu (kunjungan) hanya beberapa menit. Jadwal itu bukan kami yang atur. Mereka punya secret service atau protokoler sendiri, " sebut Aslam.

Baca Juga: Tidak Dilibatkan, Wali Kota Makassar Pertanyakan Kunjungan PM Australia

Terkait pembahasan, kata Aslam, kedua pihak hanya membicarakan terkait peluang kerjasama. Hal itu mengingat waktu yang sangat singkat. Karenanya, Gubernur mewakili seluruh Pemerintah Daerah yang ada di Sulsel. Apalagi, banyak potensi di Kabupaten/Kota yang dapat dikerjasamakan dengan Australia. Salah satunya peternakan dan bidang pendidikan.

"Perspektif pemerintahan harus lebih utuh. Tidak kemudian mengedepankan unit-unit pemerintahan. Pembicaraan sangat singkat, membicarakan peluang kerjasama ke depan. Nanti tindak lanjutnya enak, Pemkot Makassar bisa ke Konjen Australia sebagai perpanjangam tangan," pungkas Aslam.

Baca Juga: Hidupkan Simbiosis Mutualisme, Menaker Gandeng Kerjasama Pemerintah Australia Baru

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.