Banjir Sebabkan Motor Hanyut Terbawa Arus, Pahami Batas Aman!

22 Juni 2022 18:43 WIB
Ilustrasi motor terobos banjir
Ilustrasi motor terobos banjir ( Freepik)

Semarang, Sonora.ID - Salah satu unggahan video di akun Instagram  @infojawabarat viral di media sosial.

Pasalnya dalam unggahan video tersebut memperlihatkan seorang pengendara motor yang terjebak banjir di ruas Jalan Martanegara, Kelurahan Cigugur, Kecamatan Cimahi Tengah, Jawa Barat.

Rekaman video tersebut menunjukkan sang pengendara motor membiarkan kendaraannya hanyut terbawa oleh arus banjir.

“Kejadiannya sekitar jam 16.30 WIB, jadi pengendara itu memaksa lewat, mungkin enggak kuat menahan arus air, terus pengendaranya turun karena takut terbawa arus. Setelah turun, motornya justru terbawa hanyut karena airnya memang kencang,” ujar Yahya, warga setempat yang menyaksikan peristiwa tersebut, dikutip dari Kompas.com.

Alhasil, pengendara yang terjebak arus banjir itu memilih berdiam diri di tempat yang aman daripada menyelamatkan sepeda motornya yang terseret banjir hingga ratusan meter.

Mengendarai sepeda motor di tengah genangan air memang tidak boleh sembarangan, sebab selain berbahaya bagi pengendara motor, air yang masuk ke dalam mesin bisa membuat sepeda motor mengalami kerusakan dan pemilik harus mengeluarkan biaya yang besar untuk melakukan perbaikan.

Oleh karena itu, perlu diketahui tentang batas aman motor untuk menerobos banjir.

Baca Juga: Fakta Menarik Vespa, Skuter Italia yang Berawal dari Pesawat Tempur 

Dilansir dari Kompas.com, Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, sebelum melintasi jalanan yang tergenang banjir perlu memperhatikan beberapa hal, salah satunya adalah ketinggian air.

“Sebelum melintas, pastikan terlebih dahulu ketinggian air tidak melebihi ujung knalpot sepeda motor. Selama ketinggian air masih dibawah ujung knalpot, masih aman melintas di lokasi yang banjir,” ungkap Endro, dikutip dari Kompas.com beberapa waktu lalu.

Endro menambahkan, sebaiknya pengendara meyakinkan terlebih dahulu apakah ruas jalan yang tergenang tersebut aman untuk dilewati.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.