PT Pelindo Regional 4 Kini Bertransformasi, Terapkan Digitalisasi

24 Juni 2022 14:20 WIB
Aktivitas bongkar muat pelabuhan
Aktivitas bongkar muat pelabuhan ( Istimewa)

Makassar, Sonora.ID - Pascamerger sejak 1 Oktober 2021 lalu, PT Pelindo Regional 4 terus bertransformasi ke arah yang lebih baik. Banyak perubahan maupun kemajuan yang terjadi. Perubahan yang nampak terutama dari sisi peningkatan kinerja.

Demikian seperti disampaikan Division Head Operasi Pelindo Regional 4/Yusida M Palesang saat hadir menjadi narasumber di podcast Smartfm, belum lama ini.

Yusida menyebut, peningkatan kinerja tidak hanya untuk layanan petikemas. Tapi juga layanan kapal maupun penumpang. Khususnya di Pelabuhan Samarinda dan Balikpapan.

"Bentuk-bentuk peningkatan kinerja ini adalah salah satunya melalui program transformasi atau change management. Ini yang kami lakukan tentunya tidak lepas dari support head office kami," ucap Yusida.

Beberapa transformasi yang dilakukan antara lain menaikkan standar operasional pelayanan, meningkatkan pengetahuan SDM, infrastruktur dan suprastruktur. Peningkatan suprastruktur, kata Yusida, adalah keberadaan alat-alat bongkat muat.

"Kami punya program relokasi alat dari Tanjung Priok yakni dua unit Quay Container Crane kami tempatkan di Makassar. Kemudian satu Container Crane di Ternate direlokasi ke Balikpapan. Dua RTG juga direlokasi ke Kalimantan," jelasnya.

Baca Juga: Pelindo Terima SK Penlok, Pembebasan Lahan Akses Jalan Tol MNP Siap Dilaksanakan

Menurutnya, pihaknya sebagai Badan Usaha Pelabuhan (BUP) terminal operator, dituntut berkinerja prima. Jika tidak, maka pihaknya akan menerima banyak komplain.

Tidak kalah penting, lanjut Yusida, pihaknya kini telah menerapkan digitalisasi di hampir seluruh layanan pelabuhan. Dengan demikian, pelayanan di Pelabuhan diupayakan cashless atau online.

"Kita tidak kayak pelabuhan jaman dahulu, masih menerima tunai. Sekarang bisa meminimalisir penerimaan tunai. Seperti diterapkan di Pelabuhan Samarinda dan Makassar," pungkasnya.

Untuk diketahui, PT Pelindo Regional 4 membawahi 26 pelabuhan. 6 diantaranya adalah terminal petikemas.

Sedangkan 20 sisanya adalah pelabuhan multi purpose yang kegiatannya meliputi pelayanan kapal, barang, petikemas dan penumpang.

Di Makassar, ada dua terminal petikemas yakni Terminal Peti Kemas Makassar (TPM) dan Makassar New Port (MNP).

Baca Juga: Pelindo Regional 4 Catat Kinerja Positif, Didominasi Arus Penumpang

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm