Dukung Pengembangan UMKM, Kanwil DJP Kalselteng Gelar Friday Market

25 Juni 2022 13:10 WIB
Kakanwil DJP Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Tarmizi (baju hitam, red.) memantau tenda-tenda UMKM peserta Friday Market
Kakanwil DJP Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Tarmizi (baju hitam, red.) memantau tenda-tenda UMKM peserta Friday Market ( Smart Banjarmasin/Eva)

Banjarmasin, Sonora.ID – Sebanyak 23 pegiat UMKM di Kalimantan Selatan turut serta dalam gelaran Friday Market, di halaman Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng) di Banjarmasin, Jumat (24/06) lalu.

Terdiri dari 6 UMKM dengan produk kerajinan tangan, seperti kain sasirangan dengan pewarna alam hingga tas dan dompet dari bahan purun yang sudah masuk pasar internasional, serta 17 UMKM kuliner berbagai olahan.

Gelaran Friday Market bertema “UMKM Berdaya, Kukuhkan Ekonomi Banua” ditandai dengan peluncuran kegiatan tersebut oleh Kakanwil DJP Kalselteng, Tarmizi, didampingi sejumlah stakeholder. Seperti Kepala Kanwil DJKN Kalselteng, Perwakilan Kanwil Bea Cukai Kalimantan Bagian Selatan hingga Perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Kalimantan Selatan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat berlangsung setiap Jumat, dengan menggandeng UMKM lain agar binaan Kanwil DJP Kalselteng semakin luas,” tuturnya di sela-sela pemantauan tenda-tenda peserta.

Friday Market yang merupakan salah satu rangkaian Hari Pajak yang diperingati pada 14 Juli mendatang. Nantinya, akan diselenggarakan minimal satu kali dalam sebulan.

Baca Juga: Bak Angin Segar, PRJ Momentum Untuk Membangkitkan Usaha UMKM

Hal itu menurutnya juga sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pemulihan ekonomi nasional dan daerah dengan memfasilitasi UMKM untuk mempromosikan produknya secara luas.

Apalagi selama pandemi Covid-19, sektor tersebut terbukti menjadi salah satu yang kuat menghadapi situasi tersebut. Bahkan justru terus bertambah dari waktu ke waktu.

“Kalau kita lihat di nasional, dari PDRB kita ternyata yang menyumbang ‘kue’ ekonomi besar itu 58 persennya UMKM,” jelasnya lagi.

Angka tersebut tentu membuat sektor UMKM menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia yang berhasil tumbuh positif selama pandemi berlangsung.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.