Haul Bung Karno di Kalsel, Anak-Anak Kebagian Komik Seri Sejarah

25 Juni 2022 15:05 WIB
anak-anak yang hadir dalam Haul Bung Karno di DPD PDI Perjuangan Kalimantan Selatan mendapatkan komik seri
anak-anak yang hadir dalam Haul Bung Karno di DPD PDI Perjuangan Kalimantan Selatan mendapatkan komik seri ( istimewa)

Banjarmasin, Sonora.ID – Puluhan eksemplar komik “Bung Karno Bapak Bangsa” dibagikan kepada anak-anak panti asuhan yang hadir dalam acara Haul Bung Karno, yang digelar DPD PDI Perjuangan Kalimantan Selatan, baru-baru ini.

Komik seri yang menceritakan kisah hidup Proklamator RI sekaligus Presiden RI yang pertama itu, mengambil rentang waktu dari tahun 1901 hingga 1945, yakni mulai dari kelahiran Bung Karno hingga keberhasilan Indonesia meraih kemerdekaan dari penjajahan Jepang.

“Pembagian komik seri kepada anak-anak yang hadir merupakan salah satu upaya kita, agar generasi mendatang dapat mengenal sejak dini sosok Ir. Soekarno, yang bukan saja Proklamator tapi juga arsitek, politikus hingga seorang negarawan,” tutur Abdul Hasib Salim, anggota DPRD Kalimantan Selatan yang juga politikus PDI Perjuangan.

Ia berharap, melalui komik tersebut, sejarah perjuangan Bung Karno dapat lebih mudah dipahami anak-anak karena disajikan dengan gambar penuh warna yang tentunya menarik. Sehingga hal-hal positif dari kehidupan Sang Proklamator dapat lebih mudah dicontoh.

“Oleh sebab itu, selain ceritanya bersifat informatif, juga ada unsur edukasi untuk generasi muda yang membacanya,” jelasnya lagi.

Baca Juga: Punya Utang Budi, 7 Negara Ini Mengabadikan Nama Soekarno Jadi Bangunan Hingga Jalan

Pembagian komik seri itu juga diapresiasi Wakil Wali Kota Banjarbaru, Wartono, yang juga politikus PDI Perjuangan.

Ia menilai, sosok Bung Karno yang merupakan Proklamator RI dan politikus ulung merupakan panutan bagi generasi muda untuk membangun negeri ini di masa depan.

Pemilihan komik sebagai sarana edukasi sejarah juga dinilai tepat dan efektif karena tentunya akan lebih mudah dimengerti. Apalagi disertai ilustrasi menarik yang cocok dengan sasarannya, yakni anak-anak dan remaja.

Peringatan wafat ke-52 tahun Bung Karno yang digelar DPD PDI Perjuangan Kalimantan Selatan berlangsung sederhana dan diisi dengan tausyiah serta doa bersama.

Dalam acara tersebut juga dihadiri para kader dan pengurus partai berlambang banteng moncong putih itu, meskipun unsur pimpinan, yakni Ketua, Sekretaris dan Bendahara DPD PDI Perjuangan sedang mengikuti Sekolah Partai di Jakarta.

 Baca Juga: Tak Hanya Soekarno dan Megawati, 6 Negara Ini Juga Pernah Dipimpin Ayah dan Anak!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.