Pusat Kesehatan Haji Ingatkan Jamaah dan Petugas Kesehatan Haji  Indonesia Jangan Sampai Dehidrasi 

25 Juni 2022 23:00 WIB
Kepala Pusat Kesehatan Haji dr Budi Sylvana, MARS meminta tim visitasi KKHI Makkah memastikan jamaah haji tidak kekurangan cairan (dehidrasi).
Kepala Pusat Kesehatan Haji dr Budi Sylvana, MARS meminta tim visitasi KKHI Makkah memastikan jamaah haji tidak kekurangan cairan (dehidrasi). ( Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI)

Sonora.ID - Kepala Pusat Kesehatan Haji dr Budi Sylvana, MARS meminta tim visitasi KKHI Makkah memastikan jamaah haji tidak kekurangan cairan (dehidrasi). Untuk itu tim kesehatan ketika melakukan visitasi jamaah di hotel perlu mengedukasi pentingnya menjaga kesehatan.

"Ketika visitasi ke kloter perhatikan pasti banyak yang dehidrasi," kata Budi Sylvana ketika mengunjungi tim medis di ruang IGD KKHI Makkah, Jumat (24/6) malam. 

Setelah tiba di KKHI Makkah pukul 22.15 WAS, dr. Budi langsung meninjau beberapa layanan fasilitas kesehatan di KKHI Makkah. Budi menjadi rombongan PPIH Arab Saudi bidang kesehatan yang berangkat terakhir.

dr. Budi berharap semua petugas kesehatan memantau kesehatan jamaah haji. Terutama kepada jamaah haji resiko tinggi (risti) jangan sampai mereka kekurangan cairan yang akhirnya mengalami dehidrasi. 

Baca Juga: Covid-19 Meningkat, Jemaah Haji Asal Indonesia Diminta Tetap Pakai Masker

"Air kencing berwarna kuning. Itu tanda dehidrasi," katanya.

Menurutnya, kekurangan cairan bagi jamaah haji yang masih usia muda masih bisa ditoleransi. Namun berbeda bagi jamaah haji yang sudah lanjut usia (lansia) bisa menjadi masalah dan dapat menimbulkan kekambuhan pada penyakit komorbid.

"Kalau kita yang muda-muda masih bisa bertahan, tetapi berbeda bagi jamaah haji yang sudah tua," katanya.

Budi menjelaskan, suhu udara di Arab Saudi tinggi, namun dengan kelembaban rendah. Sehingga ketika melakukan aktivitas fisik seperti olahraga badan tidak akan mengeluarkan keringat. 

"Lari lima km di sini tidak keluar keringat, tapi kalau lari lima km di Indonesia pasti mandi keringat," katanya.

dr. Budi juga berpesan agar menjaga diri dari dehidrasi tidak hanya digaungkan kepada para Jemaah haji. Melainkan juga kepada para petugas juga menjaga dirinya tetap terhidrasi. Agar baik jemaah maupun petugas tetap dalam kondisi terbaik.

 Baca Juga: Walikota Balikpapan Lepas Calon Jemaah Haji Asal Balikpapan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.