Harga Cabai Merah Di SUMUT Sentuh 130 Ribu Per Kg, MIGOR Curah Di Medan Di Bawah HET

27 Juni 2022 14:15 WIB
Ilustrasi cabai merah
Ilustrasi cabai merah ( kompas.com)
 
Medan, Sonora.ID - Dari hasil pantauan pada hari Minggu (malam Senin) hingga Senin pagi, harga cabai merah di pasar induk tuntungan diperdagangkan di harga 100 ribu per Kg.
 
Bukannya turun, menjelang penutupan perdagangan besar di pagi hari, harga cabai merah di tuntungan justru naik menjadi 106 ribu per Kg.
 
Umumnya pasokan cabai dari luar wilayah SUMUT, khususnya dari takengon aceh masuk ke pasar induk diatas jam 1 pagi dini hari.
 
Pengamat Ekonomi dan Ketua Tim Pemantau Bahan Pangan Sumut, Benjamin Gunawan menerangkan, Kenaikan harga yang justru terjadi di pagi hari menjelang subuh, menunjukan kalau pasokan dari luar wilayah SUMUT mengalami penurunan. Dan tidak mampu menekan harga cabai merah yang dibuka sejak isya sudah diharga 100 ribu per Kg nya. Alhasil, harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional di kota medan meroket mencapai 110 ribu per Kg (data PIHPS),"Imbuhnya.
 
Ia menambakan, Tidak berhenti disitu, mengacu kepada data PIHPS. Di kota siantar harga cabai merah bahkan menyentuh 130 ribu per Kg. Dari hasil pengamatan di lapangan, harga cabai yang meroket didominasi oleh penurunan stok dari wilayah Karo dan Sidikalang. Sementara penyeimbang pasokan dari luar SUMUT terbilang minim saat ini,"terangnya.
 
 
Sementara itu, Benjamin mengatakan, Selain cabai merah, harga cabai rawit hijau juga mengalami kenaikan pada hari ini. Di medan berkisar 70 ribu per Kg. Sementara di kota gunung sitoli nias mencetak angka tertinggi di kisaran harga 77 ribu per Kg nya. Jika merunut pada data, harga cabai di sumatera utara ini sulit untuk turun. Karena harga cabai wilayah terdekat sekitar SUMUT seperti Riau maupun Sumatera Barat harga cabainya masih lebih mahal. Dan harga cabai di jawa juga masih belum turun dan beranjak jauh dari kisaran 100 ribu per Kg,"katanya.
 
"Dari pantauan kita pada hari ini, harga bawang merah di kota medan rata rata turun 5.000 per Kg nya. Saat ini dikisaran 55 ribu per Kg. Pasokan dari jawa mulai masuk meskipun bertahap. Akan tetapi harapan besar kita menjelang idul adha harga sudah bisa ditekan lebih dalam lagi,"terangnya 
 
Namun, Selain bawang merah yang turun harganya. Harga minyak goreng curah di kota medan sudah dibawah HET. Minyak goreng curah dijual dalam rentang harga 14 ribu hingga 15 ribu per Kg. Merata di semua pasar tradisional di kota medan. Hanya saja kalau berbicara SUMUT, maka pada hari ini harga minyak goreng curah di kota gunung sitoli nias naik menjadi 19 ribu per Kg nya,"ungkap Benjamin.
 
Sementara itu, harga beras di kota medan sejauh ini memang masih bergerak stabil. Meski demikian yang perlu diwaspadai adalah diluar kota medan harga beras berfluktuasi. Dimana gunung sitoli mencatatkan kenaikan harga beras kualitas paling bawah. Harganya mulai merangkak naik 400 hingga 600 rupiah per Kg. Meskipun di beberapa jenis beras lain mengalami penurunan. Tetapi fokus selanjutnya dari bahan pangan yang harus diwaspadai adalah beras.
 
 
Sumber : Pengamat Ekonomi dan Ketua Tim Pemantau Bahan Pangan Sumut
 
 
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.