Amrih Jinangkung: Lega dan Mantap Tinggalkan Vatikan

2 Juli 2022 22:10 WIB
*Caption Photo* Acara perpisahan Dubes RI untuk Takhta Suci Vatikan Laurentius Amrih Jinangkung dan keluarga dihadiri seluruh staf KBRI Vatikan dan KBRI Roma, para rohaniwan- rohaniwati yang tergabung dalam Rehat dan IRRIKA, PPI Roma serta beberapa anggota Oikumene di KBRI Vatikan, Kawasan EUR, Kota Roma,  Sabtu, (25/6/22)
*Caption Photo* Acara perpisahan Dubes RI untuk Takhta Suci Vatikan Laurentius Amrih Jinangkung dan keluarga dihadiri seluruh staf KBRI Vatikan dan KBRI Roma, para rohaniwan- rohaniwati yang tergabung dalam Rehat dan IRRIKA, PPI Roma serta beberapa anggota Oikumene di KBRI Vatikan, Kawasan EUR, Kota Roma, Sabtu, (25/6/22) ( Istimewa)

Vatikan,Sonora.Id - Berbekal” Doa Rosario, pada hari ini, Sabtu (2/7/2022) waktu Roma, Duta Besar RI untuk Takhta Suci Vatikan Laurentius Amrih Jinangkung bersama keluarga terbang kembali ke Tanah Air. Belum genap 2 tahun bertugas untuk Takhta Suci, Dubes Amrih Jinangkung harus pulang ke Indonesia karena mendapat tugas baru sebagai Direktur Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional Kementerian Luar Negeri.

Meski dirasa berat, Dubes Amrih Jinangkung boleh jadi meninggalkan Vatikan dengan lega dan mantap untuk menjalankan tugasnya barunya sebagai Dirjen PHI Kemenlu. Karena kepulangan mereka “berbekal” Doa Rosario yang digelar oleh Ikatan Rohanowan/Rohaniwati di Kota Abadi Roma (IRRIKA) pada Jumat (1/7/2022), pukul 21.00 malam waktu Roma.

Laurentius Amrih Jinangkung SH LLM resmi dilantik menjadi Dirjen HPI Kemenlu oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi pada Rabu, 27 April 2022 lalu, menggantikan Damos Dumoli Agusman yang kini menjadi Duta Besar RI untuk Austria. Posisi Dubes di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Vatikan kini praktis mengalami sede vacante (lowong).

Kabar dilantiknya Amrih Jinangkung menjadi Dirjen HPI Kemenlu itu sontak membuat para rohaniwan/rohaniwati dan misionaris di Italia kaget, seolah terhenyak bangun dari mimpi. Pasalnya, para imam, suster, bruder, ataupun frater mengaku baru mengenal dan bergaul satu setengah tahun lebih hingga mulai sangat dekat ibarat “orangtua dan anak” sudah harus berpisah. Namun, mereka pun ikhlas dan lapang dada sekaligus bangga karena “orangtua” mereka pergi untuk tugas negara yang lebih besar.

Para rohaniwan/rohaniwati dan misionaris di Italia juga bersyukur Amrih Jinangkung tidak langsung bekerja sebagai Dirjen HPI Kemenlu usai pelantikan.

“Setelah dilantik sebagai Dirjen Hukum Perjanjian Internasional, kami bersyukur bahwa beliau sempat kembali ke Italia untuk menyampaikan salam perpisahan serta melanjutkan kunjungan dan menghadiri beberapa acara penting yang diadakan di Italia,” ujar Romo Antonius Setya Herawan MSF.

Romo Iwan –demikian ia akrab disapa—mengatakan bahwa Dubes Amrih Jinangkung sekaligus Dirjen HPI Kemenlu selama sebulan terakhir selain melakukan kunjungan, juga menghadiri ujian tingkat doktoral sejumlah imam, dan acara perpisahan.

Dubes Amrih Jinangkung dan Ibu Bertha Jinangkung dan putra-putri mereka beserta Staf KBRI Vatikan setidaknya sempat mengunjungi Komunitas Katolik Indonesia (KKI) Utara Italia di Kota Milan, pada Minggu (12/6/2022), menghadiri ujian tingkat doktoral (S3) Romo Bobby Steven Octavianus Timmerman MSF di Universitas Angelicus, Roma pada Selasa (21/6/2022), dan ujian doktoral (S3) Romo Bernadus Singgih Guritno Pr di Universitas Salesian, Senin (27/6/2022), serta tiga acara perpisahan.

“Acara perpisahan dengan Bapak Amrih setidaknya diadakan tiga kali, di masing-masing wilayah Italia. Di wilayah Utara perpisahan diadakan di Venezia. Di bagian Selatan, perpisahan diadakan di Napoli. Terakhir, pada 25 Juni 2022 perpisahan diadakan di KBRI Vatikan, Kawasan EUR, Kota Roma,” jelas Romo Iwan.

Acara perpisahan, sambung Romo Iwan, dihadiri seluruh staf KBRI Vatikan dan KBRI Roma, para rohaniwan-rohaniwati yang tergabung dalam Rehat dan IRRIKA, PPI Roma serta beberapa anggota Oikumene.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.