Bikin Surat Tanah Tanpa Calo, Hadi Tjahjanto: Buka Layanan di Weekend!

3 Juli 2022 13:00 WIB
Pelantikan Menetri ATR/BPN
Pelantikan Menetri ATR/BPN ( Nasional.Kompas.com)

Sonora.ID- Dalam kunjungannya di kota Surabaya Jawa Timur, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa perlu adanya inovasi layanan pertanahan yang harus terus ditingkatkan. (2/7/2022)

Peningkatan tersebut semata-mata untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat saat akan mengurus persoalan pertanahan.

Menurut Hadi Tjahjanto, salah satu bentuk inovasi pelayanan pertanahan ialah menyediakan loket prioritas bagi masyarakat untuk dapat mengurus sendiri permohonannya dan membuka layanan pada hari sabtu dan minggu.

Baca Juga: Interoperabilitas Sistem Dukung Kualitas Layanan DJP

Mantan Panglima TNI tersebut juga secara langsung menginstruksikan kepada seluruh kantor BPN di seluruh Indonesia untuk memulai membuka layanan di hari sabtu dan minggu.

Kebijakan dibukanya layanan di hari sabtu dan minggu ini bukan tanpa alasan, karena sebelumnya pelayanan pertanahan di kantor BPN yang hanya dibuka di hari senin-jumat yang ternyata mempersulit masyarakat.

Baca Juga: Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil : 8 Juta Sertifikat Tanah Digadaikan

Masyarakat yang bekerja senin hingga jumat akan kesulitan untuk mengejar jadwal layanan pertanahan di jadwal normal tersebut.

Hal ini yang membuat banyak bermunculan calo pertanahan, karena mereka yang ingin mengurus persoalan pertanahan tidak bisa secara langsung mengajukan permohonan karena sedang bekerja.

Kebijakan dibukanya layanan di hari sabtu dan minggu ini menjadi solusi bagi masyarakat yang tidak bisa mengurus di hari dan kerja pada normalnya.

Mereka tidak perlu lagi menggunakan jasa calo untuk mengurus persoalan pertanahan di kantor BPN tersebut.

Selain itu Hadi juga menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk mempercepat terealisasinya Program Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Baca Juga: Sebagai Garda Terdepan Pelayanan Masyarakat, Wamen ATR/Waka BPN Imbau Jajaran Kantor Pertanahan Lebih Responsif dan Inovatif

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.