Jelang Idul Adha Kebutuhan Pokok Bertahan Mahal, MIGOR Sentuh 12 ribu di Kota Medan

4 Juli 2022 19:30 WIB
Pengamat Ekonomi dan Ketua Tim Pemantau Kebutuhan Bahan Pangan Sumut.
Pengamat Ekonomi dan Ketua Tim Pemantau Kebutuhan Bahan Pangan Sumut. ( Kompas.com)
Medan, Sonora.ID - Kurang dari sepekan sebelum idul adha, sejumlah harga kebutuhan pokok masyarakat masih bertahan mahal.
 
Cabai merah masih mencatatkan kenaikan harga yang paling tinggi diantara sejumlah harga kebutuhan pokok lainnya. 
 
Harga cabai merah saat ini di kota medan dijual dikisaran 80 ribu per Kg, membaik setelah sempat di akhir pekan lalu menyentuh 95 ribu per kilogramnya.
 
Namun tetap waspadai potensi kenaikan harga cabai merah, karena di Riau cabai merah paling mahal 127 ribu pada hari ini.
 
Pengamat Ekonomi dan Ketua Tim Pemantau Bahan Pangan dan Sumut menjelaskan dalam wawancaranya, "Secara keseluruhan, di SUMUT harga cabai merah sejauh ini berada dalam rentang 80 ribu per Kg (sidempuan) hingga 100 ribu (gunung sitoli). Secara poin to poin dibandingkan bulan mei, harga cabai merah pada saat ini sudah naik hampir 3 kali lipat. Selain cabai merah cabai rawit juga masih bertahan mahal dikisaran 65 ribu hingga 70 ribu per Kg-nya. Paling mahal ada di siantar sekitar 90 ribu per Kg nya," jelasnya.
 
Baca Juga: Tujuh Rumah Sakit di Medan Masuk dalam Medan Medical Tourism

Ia menambahkan, Bawang merah juga masih bertahan mahal. Meskipun belakangan ini harganya turun, namun bawang merah masih berada di kisaran 50 ribuan per Kg.

"Dan berdasarkan PIHPS harga bawang murah di kota siantar mencatatkan harga yang paling murah 47 ribu per kg. Berbeda dengan bawang merah, harga bawang putih yang sejauh ini stabil dengan tidak bergejolak," kata Benjamin.
 
Namun, Harga bawang putih saat ini dijual dikisaran 18 ribu (Siantar) hingga 23 ribu per Kg Medan. Sementara harga bawang putih di daerah padang sidempuan mencapai 40 ribu per kg nya.
 
"Untuk daging ayam masih berfluktuasi. Di bulan juni harga daging ayam berangsur turun meskipun sulit dijual di bawah 30 ribu per kg nya di kota medan," terangnya.
 
Sementara itu, pada bulan juli ini, fluktuasi pada sejumlah input biaya produksi yang diperburuk oleh melemahnya mata uang Rupiah berpeluang untuk mendongkrak kenaikan harga.
 
Pemerintah harus mewanti wanti kemungkinan kenaikan pada komoditas sumber protein khususnya daging ayam dan telur ayam. Meski pun untuk harga daging sapi diperkirakan akan tetap stabil.
 
"Kalau pun ada lonjakan pada daging sapi ini hanya demand sesaat menjelang idul adha. Meski demikian saya tetap yakin harga daging sapi masih akan mampu dikendalikan di bawah kisaran 150 ribu per Kg nya hingga idul adha usai. Untuk harga minyak goreng, pada hari ini di kota medan sudah ada yang menjual 12.750 per Kg. Harga minyak goreng belakangan terus mengalami penurunan yang cukup signifikan," terangnya.
 
Baca Juga: Gerebek Kampung Narkoba, Polrestabes Medan Musnahkan Narkoba Senilai Rp30 Miliar

Namun sementara itu, penurunan harga minyak goreng di sejumlah titik di deli serdang yang sudah sempat menyentuh 12 ribu per Kg untuk minyak curah, diyakini sebagai kemungkinan penurunan harga minyak goreng yang bakal diikuti oleh wilayah lain di Indonesia. 

"Terlepas dari itu semua, saya melihat potensi harga minyak goreng sesuai HET cukup terbuka. Namun khusus untuk SUMUT, harga minyak goreng curah paling mahal ada di kota gunung sitoli yang masih menyentuh 19 ribu per Kg nya. Selebihnya sejumlah harga sembako seperti beras dan gula pasir masih terpantau stabil. Namun untuk jenis harga pangan lainnya yang naik, khususnya dari produk turunan gandum, beras maupun kedelai juga sangat dirasakan masyarakat," tutupnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.