Kendaraan Listrik Kian Diminati, PLN Siapkan SPKLU dan Layanan Home Charging

5 Juli 2022 20:10 WIB
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menggunakan layanan home charging untuk mengisi daya mobil listrik
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menggunakan layanan home charging untuk mengisi daya mobil listrik ( Dok PLN)

Makassar, Sonora.ID - PT PLN (Persero) terus mendukung akselerasi ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

Selain penyediaan infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), PLN melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Makassar Utara juga mendukung layanan home charging di kota Makassar.

Terbukti layanan tersebut dapat menarik minat masyarakat untuk berpindah menggunakan kendaraan listrik.

Layanan tersebut bahkan dimanfaatkan Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman yang kini telah menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan operasionalnya.

Tidak hanya itu, ia juga menggunakan layanan home charging guna memudahkan pengisian daya.

Baca Juga: Pengumuman Hasil Lelang Direksi dan Dewas BUMD Makassar, Ini Selengkapnya

Pada saat peresmian SPKLU Mattoanging beberapa waktu lalu, Andi Sudirman Sulaiman turut mengapresiasi komitmen PLN dalam mendukung era Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

"SPKLU dan home charging menjadi tanda komitmen PLN untuk mendukung pemerintah dalam mengakselerasi era KBLBB," tandas Sudirman.

Kedua layanan tersebut bahkan dinilai mampu menghemat pengeluaran. Seperti diakui salah seorang pengguna mobil listrik di Kota Makassar, H Syarifuddin.

Ia menuturkan, biaya operasional dan pemeliharaan mobil listrik cukup terjangkau dan tidak menghasilkan emisi buang.

"Dengan hadirnya home charging, saya tidak perlu lagi mengantre di SPBU untuk mengisi BBM. Cara charging-nya praktis dan banyak kemudahan dan promo yang PLN berikan," ungkapnya.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar), Awaluddin Hafid, menjelaskan merujuk kepada PERMEN ESDM 13 Tahun 2020 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik untuk KBLBB pada prinsipnya PLN siap untuk mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik.

Baca Juga: Dukung Pemulihan Ekonomi, Pemerintah Bayar Kompensasi Listrik 24,6 Triliun ke PLN

“Kami siap mendukung pemerintah dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik. Dimana pun SPKLU-nya listriknya pakai PLN dan kami siap baik secara jumlah pasokan maupun bisnisnya,” terang Awaluddin.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm