Menko PMK Sambut Kepulangan Jemaah Haji Kloter 1 di Bandara Soetta 

16 Juli 2022 11:20 WIB
Jemaah Haji kloter pertama yang dijemput Menko PMK di Bandara Soekarno Hatta.
Jemaah Haji kloter pertama yang dijemput Menko PMK di Bandara Soekarno Hatta. ( Dok. Biro Hukum, Persidangan, Organisasi dan Komunikasi Kemenko PMK )
 
Sonora.ID - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyambut kepulangan jemaah haji kloter pertama di Bandara Soekarno Hatta (Soetta).
 
Sebanyak 410 jemaah asal Embarkasi Haji Bekasi dan 393 jemaah asal Embarkasi Haji Pondok Gede tiba di Soetta dini hari, Sabtu (16/7).
 
“Hari ini kita menyambut jemaah haji dari 2 embarkasi, yaitu Bekasi dan Pondok Gede. Ada total 7 kloter dari 4 embarkasi yang akan mengawali tahap pemulangan pertama ini,” ujar Menko PMK.
 
Adapun 7 (tujuh) kloter dari 4 (empat) embarkasi yang dimaksud yaitu embarkasi Jakarta–Pondok Gede sebanyak 2 kloter dengan total 780 Jemaah, Jakarta–Bekasi sebanyak 2 kloter dengan total 818 Jemaah, Solo 2 kloter dengan 714 Jemaah, dan Padang 1 kloter dengan 393 Jemaah.
 
Baca Juga: Pemerintah Lakukan Penyesuaian Aturan Pelaku Perjalanan Domestik dan Luar Negeri

Terkait prosedur kesehatan, Menko PMK mengatakan akan ada pemeriksaan suhu badan kepada seluruh jemaah haji.

Jika terdeteksi jemaah yang mengalami demam di atas 37 derajat Celsius, panitia akan langsung berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 untuk proses penanganannya.
 
“Pemerintah memastikan, tidak ada karantina setelah kedatangan jemaah. Namun demikian kesehatan merupakan hal yang paling utama, tetap jaga protokol kesehatan dan beristirahat dengan cukup,” jelasnya.
 
Dalam kesempatan itu Menko PMK juga turut mendoakan para jemaah haji yang baru tiba di Indonesia.
 
Baca Juga: Bank Dunia Nilai Positif Perkembangan Ekonomi Indonesia

“Semoga semuanya mendapatkan predikat haji mabrur, semoga ibadahnya diterima oleh Allah. Ciri haji yang mabrur gimana? setelah haji menjadi lebih baik,” katanya.

Sementara itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan seluruh bandara untuk kepulangan jemaah haji.
 
“Semua bandara sudah siap untuk menerima kedatangan jemaah haji. Di masa covid ini sekalipun kita tidak melakukan karantina. Kami bersama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) akan mengawal agar saudara kita yang dari tanah suci dalam keadaan sehat,” ungkapnya.
 
Penyambutan kepulangan jemaah haji kloter pertama turut dihadiri oleh Plh. Dirjen PHU Muhammad Aqil Irham, Staf Ahli Menteri Agama Bidang Manajemen Informasi dan Komunikasi Albertus Magnus Adiyarto, Plh. Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Susari, Plt. Dirjen Perhubungan Udara Isnin, Plt. Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag,  Isom, Kepala Biro Umum dan SDM, Direktur Operasional Angkasa Pura 2 Muhamad Wasid, Kepala Kantor Bea dan Cukai Kelas C Bandara Soekarno Hatta Finari.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.