Khofifah Pastikan Tidak Ada Penutupan Akses Jembatan Suramadu saat Pengerjaan Proyek Kabel Listrik

16 Juli 2022 15:10 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat memantau pengerjaan kabel pasokan listrik 150 kV di Jembatan Suramadu sisi Kedinding Bangkalan, Kamis sore (14/07/2022).
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat memantau pengerjaan kabel pasokan listrik 150 kV di Jembatan Suramadu sisi Kedinding Bangkalan, Kamis sore (14/07/2022). ( Dok. Biro Adm Pemprov)

Surabaya, Sonora.ID - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjelaskan bahwa proses pengerjaan proyek pemasangan saluran kabel tegangan tinggi (SKTT) 150 KV di Jembatan Suramadu memang akan berdampak terhadap arus lalu lintas khususnya pada jalur sepeda motor atau roda dua.

Disampaikan, selama pemasangan berlangsung, jalur atau akses untuk sepeda motor atau roda dua tidak ditutup, namun akan dialihkan pada jalur roda empat secara bergantian selama enam bulan.

"Dari Bangkalan ke Surabaya pada enam bulan pertama ini masih tetap menggunakan jalur roda 2. Enam bulan pertama yang dialihkan ke badan jalan  jembatan Suramadu adalah  jalur roda 2 dari arah Surabaya - Bangkalan," kata Khofifah saat memantau langsung seluruh proyek pengerjaan pasokan listrik SKTT di Jembatan Suramadu, Kedinding Bangkalan, Kamis (14/07/2022) sore.

Menurutnya, proyek pemasangan SKTT 150 KV di Jembatan Suramadu akan berdampak pada peralihan arus lalu lintas sehingga mendapat perhatian khusus.

Baca Juga: Puncak EJAVEC Forum 2022, BI Jatim Gelar Call For Paper

Proses pemantauan dilakukan guna memastikan, akses baik dari Surabaya maupun Bangkalan tidak akan terjadi penutupan khususnya untuk Roda 2 selama proses pemasangan SKTT.

Selanjutnya untuk keamanan pengendara roda 2, Gubernur juga menyampaikan akan diberikan pembatas dan penerangan sehingga para pengendara roda dua bisa melintas Jembatan Suramadu pada malam hari tetap aman.

"Rencananya pengalihan jalur roda dua akan dimulai pada Selasa (19/07). Jadi selama enam bulan pertama arah dari Surabaya-Bangkalan dialihkan jalur roda duanya ke akses badan jalan jembatan Suramadu. Kemudian  enam bulan berikutnya  jalur Bangkalan-Surabaya. Masing masing konstruksi kanan dan kiri jembatan dilaksanakan total satu tahun," ujarnya.

Khofifah meminta masyarakat Madura maupun masyarakat yang menggunakan akses Jembatan Suramadu untuk memaklumi kalau ada pengerjaan pasokan daya listrik.

Baca Juga: KemenKopUKM Gencarkan Sosialisasi UU Cipta Kerja pada Pelaku Usaha

Pemasangan SKTT ini diperuntukkan untuk kepentingan masyarakat Madura yang akan mendapatkan peningkatan pasokan suplai energi listrik dan mendukung pertumbuhan pembangunan dan ekonomi di Madura

"Saat ini wilayah Madura disokong oleh 2 sirkuit yaitu SUTT 150 kV Ujung/Kenjeran- SKTT 150 kV Suramadu 1 & 2-SUTT 150 kV Bangkalan/Gili Timur. Kegiatan yang dilaksanakan dalam mendukung tujuan diatas yaitu dengan dilaksanakannya pekerjaan SKTT 150 kV Kedinding-TX Bangkalan sirkuit 3 dan 4. Sehingga total jika konstruksi selesai akan menjadi dua kali lipat yaitu 600 kV," ungkapnya.

Ia optimis jika pemasangan SKTT ini rampung akan mendukung seluruh geliat aktivitas ekonomi, kegiatan keagamaan utamanya pesantren pesantren hingga sektor UMKM akan bergerak tumbuh.

"Kesemuanya ini untuk kepentingan masyarakat Madura dimana jika tersambung akan menghasilkan pasokan listrik dua kali lipat. Sektor ekonomi, pesantren, UMKM dan kehidupan keagamaan saya yakin bisa lebih maksimal semua bisa terkoneksi dengan baik," terangnya.

"Jadi warga yang mengakses Jembatan Suramadu mohon bisa memaklumi bahwa PLN sedang bekerja untuk meningkatkan pasokan listrik di Madura," lanjutnya.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini Sabtu 16 Juli 2022, Kota Malang Sebagian Besar Cerah Berawan!

Khofifah berharap, seluruh pengerjaan SKTT bisa cepat selesai dan seluruh masyarakat Madura dan Jawa Timur bisa mendapatkan manfaat dari peningkatan kapasitas pasokan listrik yang sedang  di bangun.

Sementara itu, GM PLN UIP JBTN Muhammad Ramadhansyah menegaskan kembali bahwa pengerjaan proyek ini dipastikan tidak akan menutup jalan bagi pengguna roda dua.

"Namun pengguna roda dua akan dialihkan ke lajur roda empat yang sudah diberikan pembatas serta diberi penerangan jalan guna keselamatan," ujarnya

Dirinya kemudian menjelaskan bahwa skema pengerjaan proyek penambahan pasokan listrik ini akan menghabiskan waktu 6 bulan dan secara bertahap.

Tahap pertama pengerjaan 6 bulan di sisi Surabaya Bangkalan, dan pengerjaan tahap berikutnya dalam waktu yang sama dengan sisi ruas Bangkalan-Surabaya.

"Insya Allah pasokan listrik akan bertambah dua kali lipat dari sebelumnya. Sehingga sangat menguntungkan bagi industri yang akan tumbuh dan berkembang di wilayah madura," tutupnya.

[Foto: Biro Adm Pemprov] 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.