Prof Mahfud: ISKA Sebagai Penggerak Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

1 Agustus 2022 12:56 WIB
Menko Polhukam Mohammad Mahfud MD dalam orasi kebangsaannya saat menghadiri pengukuhan PP ISKA yang diselenggarakan pada Minggu (31/7/2022) di Hotel Santika Premiere, Slipi, Jakarta Barat.
Menko Polhukam Mohammad Mahfud MD dalam orasi kebangsaannya saat menghadiri pengukuhan PP ISKA yang diselenggarakan pada Minggu (31/7/2022) di Hotel Santika Premiere, Slipi, Jakarta Barat. ( Foto: ISKA)

Jakarta,Sonora.Id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mohammad Mahfud MD menekankan peran penting Presidium Pusat Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (PP ISKA) dalam menggerakkan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Mahfud MD mengemukakan hal tersebut dalam orasi kebangsaannya saat menghadiri pengukuhan PP ISKA yang diselenggarakan pada Minggu (31/7/2022) di Hotel Santika Premiere, Slipi, Jakarta Barat.

“Kita semua berharap para sarjana yang telah mengenyam pendidikan tinggi, khususnya yang tergabung dalam ISKA yang baru saja dilantik, bisa (dan) mampu menjadi lokomotif yang menggerakkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang menjunjung tinggi martabat kemanusiaan dan kesetaraan,” ujarnya.

Menurut Mahfud, perjuangan untuk mewujudken kesejahteraan tidak pernah usai. Untuk itu, seluruh komponen bangsa memiliki tugas untuk membangun kesejahteraan.

Mengutip dari laman benang.id bahwa orasi kebangsaan merupakan bagian akhir dari rangkaian acara. Sebelumnya, Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo, uskup Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) dan juga ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), memimpin Perayaan Ekaristi yang dirayakan secara konselebrasi. Dua konselebran yang mendampinginya adalah moderator ISKA Pusat Romo Antonius Widyarsono SJ dan dosen Teologi Dogmatik Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara Romo Andreas B Atawolo OFM.

Menkopolhukam Mahfud MD bersama Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Kardinal Ign Suharyo, Ketua Presidium Pusat (PP) ISKA (2022 – 2026) Dr Luky Yusgiantoro.

Dalam homilinya, Kardinal Suharyo menekankan pentingnya membangun watak peduli dan mengajak ISKA untuk terus mengembangkan watak bangsa Indonesia ini.

“Tentu mengucapkan kata peduli itu gampang. Tetapi kita juga boleh yakin bahwa peduli dan mengembangkan watak peduli membutuhkan kajian sosial dan budaya bahwa akhirnya – saya berani mengatakan – untuk membangun masyarakat yang peduli satu sama lain membutuhkan keputusan politik. Itulah yang Bapak-Ibu hadapi dalam tugas pelayanan dalam ISKA,” ujarnya.

Ketua PP ISKA periode 2022-2026, Luky A. Yusgiantoro, menyampaikan sambutan. Ia menggarisbawahi empat poin penting yakni sikap menjunjung martabat manusia dan kesetaraan, organisasi yang terbuka untuk dialog dan dinamika kehidupan berbangsa, prinsip melayani, dan senantiasa menjadi inspirasi dan harapan bagi negara dan Gereja.

“Kami menunjukkan sebagai sebuah organisasi inklusif di lingkungan internal Katolik dan menjadi organisasi yang semakin berjejaring dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kader ISKA harus mampu menjadi agent of change dan mampu dalam menunjukkan sikap-sikap menjunjung martabat manusia dan kesetaraan dalam keseharian di lingkungan masing-masing,” katanya.

“Terkait jelang tahun politik 2024, kami harus tetap berdiri sebagai organisasi intelektual yang bebas dari kepentingan politik praktis. Setiap kader ISKA diundang untuk selalu berdiri sama tinggi dalam hal proses tersebut dan tetap menjunjung proses politik yang bermartabat. Kader ISKA yang menduduki posisi atau jabatan di badan eksekutif, legislatif dan yudikatif, akan mengedapnkan prinsip melayani (servant leadership) dan mengedepankan,” tandas Luky.

Ia mengharapkan ISKA – yang sudah berusia 64 tahun dan memiliki lebih dari 150 Dewan Pengurus Cabang (DPC) di seluruh Indonesia – dapat bekerja sama dengan baik untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita bangsa.

“Kami siap berkordinasi, berkolaborasi dan komunikasi dengan semua lapisan, golongan dan seluruh elemen masyarakat agar dapat mewujudkan tujuan dan cita-cita bangsa. Semoga ke depan kita dapat sama-sama saling mendukung satu sama lain agar ISKA menjadi salah satu pelopor dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara,” lanjutnya.

Susunan Pengurus ISKA Periode 2022-2026
 

DEWAN KEHORMATAN

  • Ignatius Suharyo Harjoatmodjo
  • V. Sensi Potokota
  • Johnny G. Plate
  • Purnomo Yusgiantoro
  • Ignasius Jonan
  • Michael Utama
  • Titus Sarijanto
  • Gories Mere
  • Djoko Wiyono

DEWAN PAKAR

Ketua              : Hendrik H. Sitompul

Anggota          : Agung Pambudhi     

Adrianus Asia Sidot

Adrianus Eliasta Meliala

Prasetyantoko

Yustinus Prastowo

Robert Simbolon

Robert Endi Djaweng

Hotman Simbolon

Liona Nanang Supriatna

Brigjen. Pol. Sri Suari

Leopold Sudaryono

Rospita Vici Paulyn

DEWAN PENASIHAT

Ketua              : V. Hargo Mandirahardjo

Anggota          :

Muliawan Margadana

Leonardo J. Renyut

AM Putut Prabantoro

Hermawi F. Taslim

Barnabas Yusuf Hura

Ida Ayu Puspasari

Paulus Januar

Linus Setiadi

Bonifasius Nadya Aribowo

Widiarsi Agustina

Kikin Tarigan

Pastor Moderator      :  Antonius Widyarsono, S.J.

DEWAN PENGURUS 

Hukum dan Hak Asasi Manusia

Ketua

:

Fransisca Romana Ninik

Anggota

:

Paskalis Da Cunha

Anggota

Anggota

:

:

Longginus Hadi Pranoto

Alboin C. Samosir

Perekonomian dan Pariwisata

Ketua

:

Kosmas Harefa

Anggota

Anggota

Anggota

:

:

:

FA. Manara Lodewijk Hutapea

Christiana FARA Dharmastuti

Geraldus Adi Listiono

 

Hubungan Luar Negeri

Ketua

:

Raymond Pardamean Sihombing

Anggota

Anggota

Teknologi Informasi, Inovasi dan SDM

:

:

Johanes Carmelo

Katharina Reni Lestari

Ketua

:

Halaman Berikutnya
Yulius...
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm