Badai Matahari Hantam Bumi, Berpotensi Ganggu Sinyal Internet

4 Agustus 2022 16:45 WIB
Badai Matahari Hantam Bumi, Berpotensi Ganggu Sinyal Internet
Badai Matahari Hantam Bumi, Berpotensi Ganggu Sinyal Internet ( Kompas.com)

Sonora.ID -  Badai matahari telah menghantam bumi tanpa peringatan, hal ini telah terjadi tepat sebelum tengah malam UTC pada tanggal 25 Juni dan berlanjut hingga tanggal 26 Juni lalu. Hal ini
memungkinkan berpotensi mengganggu sinyal internet.

Peristiwa ini juga mengejutkan para ilmuwan, badai matahari ini diklasfikasikan sebagai salah satu badai kelas G1. Selain itu, fenomena badai Matahari yang masih menghantam Bumi pada hari Rabu (3/8/2022) juga menimbulkan beberapa gangguan jaringan, seperti listrik dan internet.

Hal ini dikutip dari Live Science, pada Selasa (2/8/2022), bahwa badai Matahari ini dapat menyebabkan adanya angin Matahari dengan kecepatan tinggi yang berasal dari lubang di atmosfer Matahari, sehingga mengenai medan magnet Bumi dan memicu geomagnetik kelas G1.

Dengan adanya pernyataan tersebut, menyebutkan bahwa badai matahari juga cukup kuat untuk membuat sebuah fluktuasi jaringan listrik yang lemah dan menyebabkan dampak kecil terhadap operasi satelit, serta menyebabkan aurora yang cukup kuat.

1. Fenomena Badai Matahari

Dalam pengamatan peramal cuaca di Space Weather Prediction Center (SWPC) atau Pusat Prediksi Cuaca Antariksa telah memprediksi bahwa bahan gas yang terjadi dari fenomena badai Matahari ini mengalir dari lubang selatan di atmosfer Matahari.

Lubang selatan pada atmosfer Matahari ini disebut dengan lubang koronal, yaitu area di atmosfer atas matahari, di mana plasmanya lebih dingin dan kurang padat. Lubang-lubang ini juga merupakan tempat dari garis-garis medan magnet matahari.

Serta, pancarannya tidak berputar kembali ke dalam Matahari, tapi malah akan memancarkan sinarnya ke luar angkasa. Fenomena ini memungkinkan material Matahari untuk bisa keluar ke arus deras yang bergerak dengan kecepatan sampai 1,8 juta mil per jam (2,9 juta kilometer per jam).

Sedangkan, peneliti senior di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaludin mengungkapkan juga bahwa badai Matahari merupakan pancaran gelombang elektromagnetik, serta partikel berenergi tinggi dari Matahari. Menurut beliau, partikel ini akan muncul karena adanya peristiwa flare (letupan) atau Coronal Mass Ejection (CME = lontaran materi dari korona) Matahari.

Baca Juga: Mulai Sekarang Ubah Kebiasaan, Tidur di Waktu Ini Penyebab Rezeki Seret kata Gus Baha, Kamu Enggak Mau Hidup Sengsara Kan?

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.